5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri tanpa Bergantung pada Orang Lain

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 11 Jan 2022, 16:37 WIB

Fimela.com, Jakarta Kebahagiaan itu tidak hanya tentang materi atau karier yang cemerlang. Karena kebahagiaan sebenarnya bukan berasal dari hal atau orang lain melainkan diri kita sendiri. Karena kalau kita menggantungkan kebahagiaan pada materi, pasangan atau hal lainnya justru akan membuat hidup terasa hampa.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain.

1. Jangan pelit pada diri sendiri

Kamu selama ini bekerja keras untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, jadi jangan lupa untuk membahagiakan diri sendiri dengan penghasilanmu. Kalau kamu ingin membeli brang yang sudah lama diincar sejak lama, maka belilah. Kalau kamu ingin makan yang enak, beli dan makanlah. Jangan terlalu pelit pada diri sendiri yang hanya akan membuatmu tersiksa.

2. Jangan biarkan dirimu berada di posisi yang tidak nyaman

Jangan biarkan dirimu berada di posisi yang tidak nyaman, misalnya dengan mendahulukan kepentingan orang lain daripada dirimu sendiri. Ini sama saja kamu menjadi people pleaser yang selalu berusaha menyenangkan orang lain. Kamu harus memprioritaskan dirimu terlebih dahulu, baru orang di sekitarmu. Ini tak berarti egois, tetapi kamu tak perlu merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan orang.

3. Berdamai dengan masa lalu

Jika kamu ingin menjadi orang yang bahagia, maka cobalah untuk berdamai dengan masa lalu dan memaafkan diri sendiri. Semua orang pasti punya pengalaman yang buruk, tetapi ini bukan alasan untuk kamu menghukum dirimu sendiri. Yang lalu biarlah berlalu dan jadikan sebagai pelajaran agar sekarang kamu lebih baik lagi.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

4. Jangan menuntut dirimu menjadi sempurna

Cara Membahagiakan Diri Sendiri. (ilustrasi/copyright by paulaphoto/Shuttertsock)

Terkadang ambisi yang berlebihan membuat kita menerapkan standar yang tinggi atas apa yang kita lakukan, bahkan kita tak mau menoleransi kesalahan sedikitpun. Tidak ada orang yang sempurna dan wajar saja kalau kamu melakukan kesalahan atau gagal, kamu hanya perlu menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

5. Bersyukur

Salah satu kunci menjadi orang yang bahagia ialah pandai bersyukur, bersyukur membuatmu lebih menghargai apa yang kamu miliki. Sehingga kamu tak perlu merasa kalau kehidupanmu tak sebaik orang lain atau malah membandingkan diri dengan orang lain. Dengan bersyukur kamu juga akan lebih tenang dan tak mengkhawatirkan apapun.

3 dari 3 halaman

6. Menjaga kesehatan

Cara Membahagiakan Diri Sendiri. (ilustrasi/takayuki/Shutterstock)

Menjaga kesehatan dengan memerhatikan pola makan, istirahat dan olahraga serta menghindari stres tak hanya akan meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga meningkatkan rasa bahagia dalam diri kita. Kalau badan dan pikiranmu sehat, semya aktivitas yang kamu lakukan juga akan berjalan dengan lancar dan baik.

7. Mendoakan diri sendiri

Di sela-sela kesibukan dan aktivitas sehari-hari jangan lupa untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan mendoakan diri sendiri. Mendoakan diri sendiri adalah salah satu bentuk cinta pada diri sendiri. Dengan mendoakan diri yang baik-baik, itu akan membuatmu menjadi lebih positif dan lebih percaya diri.

Kalau sudah mengerti apa yang bisa membuat diri sendiri bahagia, maka jangan ditunda lagi dan lakukanlah sekarang juga. Jika tidak bisa melakukan semuanya, setidaknya usahakanlah satu per satu.

#WomenforWomen