7 Makanan yang Ampuh Meningkatkan Daya Ingat Orang Dewasa

Fimela Reporter diperbarui 09 Jun 2023, 15:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Daya ingat yang baik merupakan aset berharga dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang dewasa yang sibuk dan memiliki banyak tuntutan. Tetapi, adakah makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi? Jawabannya adalah ya!

Dilansir dari Healthline, pola makan yang seimbang dan kaya nutrisi dapat memberikan dukungan penting bagi fungsi otak dan daya ingat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang efektif meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

1. Blueberry

Buah blueberry kaya akan antioksidan dan senyawa yang disebut flavonoid. Flavonoid ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki komunikasi antar sel saraf, dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Untuk menyantap blueberry dengan cara yang nikmat, kamu bisa menambahkan blueberry segar ke smoothie, oatmeal, atau konsumsi sebagai camilan sehat untuk meningkatkan daya ingat.

2. Ikan salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), yang merupakan komponen penting dalam struktur otak. Konsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Untuk menyatap ikan salmon, kamu bisa memasaknya terlebih dahulu baik dengan proses dipanggang, kukus, ataupun ditumis dengan sedikit minyak. Selain itu, kamu juga bisa menyantap salmon yang disajikan sebagai sushi untuk makanan lezat serta menyehatkan otak.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Camilan Sehat yang Efektif Tingkatkan Daya Ingat

Dark chocolate dapat menjadi cemilan sehat yang efektif meningkatkan daya ingat. Foto: Shutterstock.

3. Dark chocolate

Dilansir dari Medical News Today, dark chocolate mengandung setidaknya 70% kakao yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi otak. Hal tersebut dikarenakan Kakao mengandung flavanol, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Kamu bisa menikmati dark chocolate yang disajikan dalam segelas minuman cokelat panas atau potongan kecil dark chocolate sebagai camilan yang menyenangkan dan menyehatkan.

4. Almond

Almond adalah kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E, antioksidan, dan asam lemak sehat yang berperan penting dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Untuk memberikan dukungan pada daya ingatmu, kamu bisa mengonsumsi senggenggam almond sebagai camilan sehat atau menambahkan sebagai topping salad atau yogurt.

5. Brokoli

Sayuran hijau satu ini merupakan sumber yang kaya akan senyawa antioksidan, vitamin K, dan choline. Vitamin K terbukti meningkatkan fungsi kognitif, sedangkan choline adalah nutrisi yang membantu membangun neurotransmitter yang penting bagi daya ingat. Untuk memberikan dukungan pada daya ingatmu, kamu bisa mengonsumsi brokoli yang disajikan dalam salad, tumis, atau dalam bentuk sup.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Daya Ingat dengan Asupan Protein

Tak hanya sebagai sumber protein yang baik, telur juga menjadi makanan yang dapat meningkatkan daya ingat . Foto: shutterstock.

6. Telur

Dilansir dari Mayo Clinic, telur adalah sumber protein yang sangat baik, dan mengandung nutrisi penting seperti vitamin B6, B12, dan choline. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam pembentukan neurotransmitter yang mendukung fungsi otak dan daya ingat. Kamu bisa menyajikan telur dalam asupan harianmu dengan cara direbus, orak-arik, atau tambahkan pada salad untuk memenuhi kebutuhan protein.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa bernama epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki efek pelindung pada otak dan dapat meningkatkan memori kerja. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menikmati secangkir teh hijau hangat sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan secara rutin dalam porsi secukupnya.

 

*Penulis: Amelia Septika