5 Tips Agar Wajan Tidak Lengket Saat Menggoreng Peyek

Mimi Rohmitriasih diperbarui 04 Jul 2023, 13:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Peyek menjadi salah satu camilan sekaligus lauk yang disukai oleh hampir semua orang. Namun sayang, tidak banyak orang berhasil membuat peyek renyah, gurih dan enak di rumah. Saat membuat peyek sendiri, tak jarang kita menemukan wajan lengket. Alhasil, peyek pun jadi hancur, tidak matang merata bahkan gosong.

Untuk menggoreng peyek yang renyah dan gurih serta wajannya tidak lengket, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Adapun tipsnya antara lain sebagai berikut.

2 dari 6 halaman

Wajan Bersih dan Kering

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/nelea33

Sebelum menggoreng peyek, pastikan wajan bersih dan kering. Usahakan untuk menggunakan wajan cekung yang khusus buat menggoreng. Wajan yang kotor, basah atau masih ada sisa makanan lain, rentan bikin peyek lengket. Ini juga rentan bikin peyek gosong.

3 dari 6 halaman

Masukkan Adonan Peyek Setelah Wajan Panas

ilustrasi wajan (sumber: Pexel)

Saat memasukkan adonan peyek ke dalam wajan, pastikan wajan dan minyak sudah panas. Memasukkan adonan peyek ketika minyak masih dingin, ini membuat peyek menggumpal di tengah wajan. Ini juga membuat peyek lengket pada wajan.

4 dari 6 halaman

Gunakan Suhu Kompor Sedang yang Stabil

Ilustrasi kompor gas (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Saat menggoreng peyek, sebaiknya suhu kompor yang digunakan sedang dan stabil. Suhu kompor yang terlalu kecil, rentan bikin peyek lengket dan tak kunjung matang. Sebaliknya, suhu kompor besar bikin peyek cepat gosong bahkan sebelum matang dan kering.

5 dari 6 halaman

Gunakan Wajan Cekung

ilustrasi wajan teflon/Photo by Caio Resende from Pexels

Peyek akan lebih renyah, tidak lengket dan matang sempurna saat kamu menggunakan wajan cekung. Wajan jenis ini bisa membuat peyek terendam sempurna ke dalam minyak dan panas merata. 

6 dari 6 halaman

Balik Peyek Saat Bagian Bawah Kering

Ilustrasi menggoreng /pixabay.com Peggy Marco

Tips agar peyek kering dan matang adalah membalik peyek saat digoreng. Namun, usahakan untuk membalik peyek saat bagian bawahnya benar-benar kering. Balik peyek saat peyek sudah lepas dari wajan. Ini tandanya peyek bagian bawah sudah kering dan siap untuk dibalil. 

Itulah sekian tips mudah menggoreng peyek agar wajan yang digunakan tidak lengket. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan ragu untuk membuat peyek yang renyah, gurih dan garing di rumah.