Sukses

Food

Tips Menggoreng Tempe Garing, Matang Merata dan Tidak Gosong

Fimela.com, Jakarta Tempe menjadi sumber protein yang tak hanya enak, tetapi juga murah meriah dan bisa diolah menjadi beragam masakan lezat. Salah satu masakan paling favorit berbahan dasar tempe ada tempe goreng. Apalagi, jika tempe goreng ini digoreng hingga garih dan renyah, tingkat kematanganya merata dan tidak gosong. Juga, ketika tempe goreng memiliki cita rasa gurih yang begitu menggugah selera. 

Tapi, bagaimana kira-kira untuk dapatkan tempe goreng garing dan renyah? Simak beberapa tipsnya berikut ini dan selamat mencobanya.

Pilih Tempe yang Benar-Benar Matang

Tips pertama yang penting diperhatikan adalah pemilihan tempe. Pilih tempe yang benar-benar matang atau memiliki tingkat kepadatan yang baik. Tempe ini akan lebih mudah diiris, tidak hancur dan lebih garing nantinya. Tempe ini tak hanya enak sebagai tempe goreng garing dan kriuk, tapi juga tahan lama jika dijadikan sambal goreng tempe. 

Iris Setipis Mungkin

Sebelum dimarinasi dengan bumbu atau dibalut tempe, iris tempe setipis mungkin. Semakin tipis kamu mengiris tempe, akan semakin garing dan renyah tempe yang akan dihasilkan.

Gunakan Bumbu Kering

Sebaiknya gunakan bumbu kering untuk membumbui tempe. Kalau kamu khawatir tempe tak akan memiliki cita rasa yang kurang sedap, kamu bisa tambahkan sedikit air ke bumbu. Kemudian marinasi tempe dan tiriskan. 

Gunakan Tepung Jagung dan Beras

Jika ingin membuat tempe goreng tepung, pilih tepung jagung atau tepung beras. Kedua tepung ini bisa menjaga kerenyahan tempe goreng yang kamu buat. Ini juga bisa bikin cita rasa tempe goreng makin gurih. Buat adonan tepung dengan air es agar tempe goreng yang dihasilkan  benar-benar renyah. 

Goreng di Minyak yang Banyak dan Panas

Goreng tempe ke dalam minyak yang banyak dan panas. Jangan masukkan tempe saat minyak masih dingin atau hangat. Hal ini rentan bikin tempe lemas atau letoy. Saat menggoreng tempe, sebaiknya gunakan api sedang yang stabil. Bolak-balik secara rutin tempe agar matang merata dan memiliki tingkat kerenyahan yang mengesankan.

Sayat-Sayat Tempe

Jika kamu ingin menggoreng tempe tanpa tepung dan kering, sebaiknya sayat-sayat tempe. Ini akan memudahkan minyak panas masuk ke daging tempe dan membuatnya lebih matang dan garing merata. 

Itulah sekian tips yang bisa dilakukan untuk menggoreng tempe goreng garing tanpa membuatnya gosong. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading