Sukses

Beauty

Pakai Sheet Mask Tiap Malam, Benar-Benar Bisa Cerahkan Wajah?

Jakarta Tidak berpikir ingin memiliki kulit wajah putih dan bening. Cukup terbebas dari noda, alias terlihat bersih, it’s enough. Skin goals ini lah yang ingin saya terapkan ke dalam ritual cantik harian, saat berkiblat kepada beauty regime Republik Korea  yang memiliki jumlah hingga belasan, bahkan puluhan cara itu.

Penasaran, saya pun terus mengikuti tiap perkembangan beauty regime Korea dari puncak kepopulerannya di tahun 2015, hingga sekarang. Charlotte Cho, menjadi beauty guru asal Korea yang menurut saya patut dijadikan sebagai beauty influencer. Tips and trick kecantikan yang ia share lewat beauty website “Sokoglam”, Instagram, dan Youtube, setelah saya terapkan ke dalam ritual cantik harian selama kurang lebih 1 tahun lebih, hasilnya surprisingly - cukup memuaskan. Dan lebih penting lagi, perawatan wajah ini sangat low budget, namun hasil yang diberikan 11:12 dengan perawatan di klinik kecantikan.

Hanya perlu disiplin menerapkan 3 beauty regime ini ke dalam ritual cantik harian kita. Dalam 3 bulan, bahkan hanya 2 bulan saja, saya sudah melihat hasilnya di kulit wajah. Karena begitu puas dengan hasilnya, saya pun memutuskan untuk terus melanjutkan beauty regime ini hingga bertahan 1 tahun lebih lamanya hingga sekarang.

Well, untuk yang ingin ikut mencoba, hanya perlu melakukan langkah sederhana ini, namun hasilnya sangat maksimal di kulit wajah.Here they are:

(image: @pinterest)

Sheet-mask every night

Gunakan sheet-mask dengan kandungan bahan yang alami, seperti green tea, red ginseng, atau yang terbuat dari buah-buah dan sayuran. Jenis sheet-mask ini mudah kita temukan di supermarket, drug store, atau Korean beauty store. Menggunakan sheet-mask dengan kandungan alami seperti di atas akan lebih aman untuk kulit wajah. Fungsinya, tidak hanya untuk menyegarkan kulit wajah, namun sekaligus merawatnya dengan memberi kelembaban ekstra, kulit terasa kenyal, dan terlihat lebih cerah.

>> Result: 1 minggu pemakaian

Kulit wajah selalu terasa segar, apalagi saat bangun tidur. Kulit terlihat lebih cerah, dan menggunakan skincare atau pun makeup, kulit terasa nyaman sepanjang hari. Satu lagi, jika kulit wajah sedang berjerawat, rutin menggunakan sheet-mask, jerawat akan lebih cepat hilang dan tidak meninggalkan bekas. Jika jerawat sudah terlanjur meninggalkan noda di wajah, perlahan noda jerawat akan tersamarkan, tanpa perlu menggunakan obat jerawat atau perawatan khusus apapun. Kita hanya perlu disiplin dan bersabar melakukannya.

3 second moisturizing rules

Ritual yang satu ini harus dilakukan dengan dedikasi tinggi. Karena kita harus melakukannya dalam waktu hanya 3 detik. Ritual berlaku untuk tahap menggunakan skincare. Aturan pemakaian skincare dimulai dari tahap membersihkan wajah dengan air dan cleanser. Setelah wajah bersih, keringkan wajah menggunakan handuk lembut atau tisu wajah. Ini waktu terpenting yang harus diingat: setelah wajah kering, gunakan langsung skincare harian. Jeda waktu maksimal setelah wajah kering dan penggunaan skincare adalah “3 detik”.

Mengapa cara ini dianggap mampu membuat skincare bekerja efektif di wajah kita? Kulit wajah akan terasa lebih lembab setelah melakukan tahap cleansing. Keadaaan kulit yang lembab ini adalah saat terbaik untuk kulit menyerap nutrisi yang bersumber dari skincare.

>> Result: 1 bulan pemakaian

Skincare yang awalnya meragukan, alias tidak terlihat memberi hasil di kulit wajah, setelah pemakaian 1 bulan terlihat memberi hasil yang menyenangkan di kulit wajah. Saya menggunakan skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi, hydrating, dan dapat mengontrol minyak berlebih. Setelah 1 bulan pemakaian, minyak di wajah tetap terlihat, tapi tidak menganggu penampilan. Makeup pun long lasting di kulit, meski hanya menggunakan loose powder, tanpa perlu re-touch, loose powder tetap utuh, alias tidak luntur.

Double cleansing face

Manfaatnya adalah untuk membersihkan kulit wajah dengan maksimal. Tinggal di negara dengan intensitas debu yang tinggi, meski berada di ruangan ber-ac, tetap tidak menjamin wajah terbebas dari debu, lho. Setelah seharian beraktivitas di luar atau di dalam ruangan, segera bersihkan wajah dengan metode double cleansing face ini.

>> Result: 1 bulan pemakaian

No more acne dan less pore. So happy! Sesekali saya juga gemar melakukan perawatan di klinik kecantikan. Saat melakukan konsultasi dengan dokter, ia menganggap saya rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan, seperti facial. Nope! I rarely do facials in beauty clinics.

Ketiga beauty regime khas Korea di atas terus saya terapkan hingga sekarang. Terakhir berkunjung ke dokter kecantikan, tepatnya 3 minggu lalu, saya masih menemukan pernyataan yang sama: dokter menyimpulkan beauty regime Korea yang saya terapkan selama 1 tahun lebih itu bekerja sangat optimal di kulit wajah saya. Ini pengalaman saya saat disiplin menerapkan Korean beauty regime untuk ritual cantik harian. Hasil ini memang akan sangat beragam, tergantung kulit wajah kita masing-masing. We would love to hear you experience, too!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading