Sukses

Beauty

Selain Bergantung Pada Obat, Cara Sederhana Ini Ampuh Atasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak mengeluh saat menemukan jerawat di wajah? Walaupun yang terlihat baru tanda kemunculannya saja, panik itu sangat mungkin dialami.

Ketika rasa panik muncul, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh perempuan. Menutupi tanda kemunculan dengan aplikasi makeup, menyentuh jerawat dengan jari, dan hal terburuk adalah memencet jerawat. Well, it’s all a big NO!

Menggunakan makeup dan menyentuhnya dengan jari ketika jerawat muncul akan menimbulkan bakteri berkembang di permukaan kulit jerawat. Hal terburuk yang terjadi, jerawat dapat meradang. Dan jika memencetnya, jerawat akan infeksi bahkan bisa sampai merusak lapisan kulit.

Memencet jerawat pun dapat menyebabkan jerawat memerah, nyeri, dan bernanah. Jika jerawat sudah infeksi, hal negatif yang terjadi: jerawat pecah, infeksi menyebar ke lapisan kulit lainnya, dan menyebabkan jerawat muncul lebih banyak.

Well, ketika jerawat muncul apa langkah cerdas yang perlu kita lakukan?

Pertama, pastikan wajah selalu dalam keadaan bersih. Terutama saat menjelang tidur. Membersihkan wajah dengan metode double cleansing akan sangat membantu.

Kedua, jika kita memiliki kebiasaan memegang wajah dengan tangan, pastikan area kulit tangan dalam keadan hygienis selalu.

Ketiga, selain bergantung pada obat jerawat, skincare khusus kulit berjerawat dari cleanser, toner, serum, sampai pelembap wajah pun penting untuk diperhatikan. Gunakan skincare sesuai masalah kulit yang sedang kita alami.

Keempat, terapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, air mineral yang cukup, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol.

Kelima, perhatikan kebersihan tempat tidur dari bantal dan seprei. Gunakan seprei dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat dengan baik. Gantilah seprei minimal 1 minggu sekali. And last but not least, tidur secukupnya.

 

 

Loading