Sukses

Beauty

Serunya Konsultasi Masalah Kulit Bareng Vemale.com dan MeetDoctor.com

Kulit menjadi perhatian utama bagi sebagian wanita. Kesehatan kulit bisa dijadikan barometer kesehatan tubuh Anda. Kulit yang sehat bisa mencerminkan tubuh yang sehat pula. Sebaliknya Ladies, kulit yang tidak sehat pun bisa jadi karena kesehatan Anda juga terganggu. Kadang juga kulit yang sehat bisa mengganggu penampilan Anda.

Nah, karena rasa sayang kami pada Anda, mulai hari Rabu, 4 Desember 2013 lalu kami mengadakan live tweet konsultasi kesehatan bareng @meetdoctorcom. Tema yang kami usung Rabu kemarin adalah seputar masalah kesehatan kulit. Berikut Ladies pertanyaan dari beberapa sahabat Vemale yang dijawab oleh dr. Silvia Veronika, SpKK. Simak yuk, siapa tahu masalahnya sama dengan yang Anda alami.

@asrinindya: Kulit tangan saya sering kering bahkan mengelupas parah. Bagaimana ya cara mengatasinya? #AskVemale.

Jawaban dokter: Yang paling penting adalah menggunakan pelembab secara teratur. Selain itu, jangan pernah mengelupas saat kulit tangan kering. Kulit yang terkelupas parah terjadi karena sering dikelupas saat kulit terasa kering.

@reandine: Apa benar asap rokok bisa jadi penyebab munculnya jerawat? #AskVemale.

Jawaban dokter: Asap rokok bukan menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Masalahnya, asap rokok bisa memperburuk kondisi jerawat. Kondisi kulit menjadi tidak sehat bila sering terkena paparan asap rokok, sehingga proses penyembuhan jerawat bisa terganggu.

@febrinaYildiz: Daerah samping hidung, lekukan bibir, dan dagu sering kasar. Awalnya perih, lama-lama menghitam. Bagaimana solusinya? #AskVemale.

Jawaban dokter: Solusinya adalah mengobati bagian-bagian tersebut saat perih dengan benar. Sebaiknya juga dikonsultasikan ke dokter. Perih pada bagian tersebut bisa terjadi karena iritasi. Bila perih dibiarkan dan sering digosok-gosok, maka luka ini akan menghitam. Tapi kehitaman ini akan pudar dengan sendirinya.

@_wenny: Apakah memencet hidung berkomedo itu berbahaya? Bagaimana cara aman menghilangkan komedo hitam? #AskVemale.

Jawaban dokter: Bila dilakukan dengan benar, bersih, dan oleh tenaga terlatih, memencet komedo itu aman. Komedo juga dapat dihilangkan dengan memakai krim-krim tertentu dan dikeluarkan dengan ekstraksi komedo.

@Fiinaerfiina: Apa ya cara alami menghilangkan bekas jerawat di wajah? #AskVemale.

Jawaban dokter: Bekas jerawat kehitaman dapat pudar dengan sendirinya tapi dalam jangka waktu panjang. Namun, bekas jerawat berupa bopeng harus dibantu dengan beberapa tindakan seperti laser, dermaroller, mikrodermabrasi, atau yang lainnya.

@trilest63516288: Bagaimana cara mengatasi kulit yang terlihat kusam dan kering, dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Kulit akan terlihat kusam dan kering bila tidak dirawat dengan benar. Semua kulit yang terawat pasti akan terlihat segar dan bercahaya. Oleh karena itu, perawatan kulit yang tepat dan pola hidup yang sehat, seperti tidur cukup, tidak merokok, banyak makan sayur dan buah sangat mempengaruhi kesegaran kulit.

@bnoorraini: Di dahi saya ada jerawat, gatal tapi tak bernanah. Cara menghilangkannya bagaimana ya dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Jerawat tidak harus bernanah. Pakailah obat jerawat yang sesuai untuk kondisi jerawat kamu. Dan yang paling penting, jerawat tidak boleh dipencet.

@riskahsyukur: Di bawah lipatan hidung sering iritasi sampai merah dan perih. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menyembuhkannya? #AskVemale.

Jawaban dokter: Penyebabnya bisa bermacam-macam. Penggunaan krim malam secara berlebihan dan kebiasaan menggosok hidung bisa menjadi penyebabnya. Stop penyebab iritasi tersebut dan gunakan krim untuk atasi iritasi. Tapi krimnya harus dibeli dengan resep dokter ya.

@ratihXXI: Bagaimana ya cara menghilangkan stretch mark atau selulit? #AskVemale.

Jawaban dokter: Stretch mark dan selulit adalah dua hal yang sangat berbeda. Stretch mark adalah gambaran seperti kulit jeruk, adanya garis-garis putih dan lajur-lajur pada lipatan kulit. Selulit adalah distribusi lemak kulit yang tidak merata pada wanita sehingga terlihat seperti gelombang kulit yang tidak rata. Cara mengatasinya pun berbeda. Stretch mark dapat dibantu dengan beberapa tindakan seperti dermaroller, mikrodermabrasi, mesotherapy, dan lainnya. Sedangkan selulit butuh olahraga teratur dan beberapa tindakan medis. Namun, untuk menghilangkan keduanya memang tidak mudah.

@piiip__: Kalau kena panas matahari, kulit muka sering gatal dan memerah. Kenapa ya dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Kalau kamu pakai krim malam, itu sering terjadi atau tipe kulit kamu yang sensitif terhadap sinar matahari. Solusinya: gunakan tabir surya/sun block yang cukup setiap hari.

@NandaEntikaP: Saya punya mata ikan di telapak kaki dan lebih dari satu. Apa harus dioperasi ya dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Bila mata ikan kecil dan sedikit ada kemungkinan masih bisa dengan salep. Tapi bila mata ikan banyak dan tambah menyebar maka operasi atau elektrokauterisasi merupakan pilihan pengobatan.

@anisaapurple: Sudah pakai segala cara (alami juga) tapi bekas jerawat tidak juga hilang. Harus bagaimana dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Kalau sudah pakai segala cara, sebaiknya berobat ke spesialis kulit saja supaya bisa dilihat dan diputuskan pilihan pengobatan terbaik.

@arrizkaaa: Area kelopak mata saya lebih gelap, padahal tidur sudah cukup. Penyebab dan solusinya apa ya dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Mungkin faktor genetik keluarga. Pada beberapa ras, lingkar kelopak mata memang lebih gelap. Pakai saja krim-krim perawatan kelopak mata secara teratur.

@ellend_molend: Wajah saya berminyak, pori-porinya juga besar padahal sudah perawatan. Pakai cara apalagi ya dok? #AskVemale.

Jawaban dokter: Kulit wajah berminyak memang sering berpori-pori besar. Bila perawatan tepat biasanya kondisi kulit akan membaik. Beberapa cara dapat memperbaiki pori-pori, misalnya mikrodermabrasi, laser, dan lainnya.

@Bee_is_cute: Bener gak sih makanan pedas bisa bikin jerawatan? #AskVemale.

Jawaban dokter: Sama seperti asap rokok, itu bukan yang utama dan penyebab awal. Namun, makanan pedas bisa memperparah jerawat.

@rie1987: Kalau cuaca dingin atau panas banget di kulit sering muncul bentol-bentol merah dan gatal. Apakah itu alergi? Solusinya bagaimana? #AskVemale.

Jawaban dokter: Itu dinamakan biduran, biasanya dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki bakat alergi dalam keluarga. Bisa terjadi akibat cuaca, makanan, atau suhu. Solusinya, hindari faktor pencetus.

@Nisa_Aintzane: Dok, tipsnya dong untuk menghilangkan noda hitam di kulit karena alergi. #AskVemale.

Jawaban dokter: Bekas hitam bisa hilang sendiri, namun butuh waktu lama. Bisa dibantu dengan krim-krim penghilang bekas namun harus dengan resep dokter.

@ronielestari: Di hidung saya ada jerawat yang sudah beberapa tahun tidak hilang, kenapa ya? #AskVemale.

Jawaban dokter: sudah diobati dengan benar belum? Coba deh diobati dulu dan jangan punya kebiasaan dipegang-pegang dan dipencet ya.

Nah, apakah Anda juga memiliki pertanyaan seputar kesehatan? Jangan khawatir, Vemale akan mengadakan sesi konsultasi kesehatan via twitter. Temanya akan berbeda-beda tiap minggu nih Ladies. Jadi, silahkan follow @Vemaledotcom dan bergabung di #AskVemale setiap hari rabu untuk konsultasi masalah kesehatan. Pertanyaan Anda akan dibahas oleh dokter-dokter ahli dari meetdoctor.com. Jangan kelewatan ya :)

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading