Sukses

Beauty

Puasa Pakai Air Putih, Banyak Lho Manfaatnya Ladies

Sejak jaman dahulu, banyak orang berpuasa dengan berbagai alasan, salah satunya adalah alasan spiritual. Namun, telah terbukti lewat berbagai penelitian apabila berpuasa tidak hanya memberikan ketenangan pikiran, tetapi juga memberikan manfaat untuk fungsi tubuh dan metabolisme.

Puasa dengan air putih artinya Anda tidak makan apapun juga, tetapi hanya memperbolehkan air putih yang masuk ke dalam tubuh. Dengan melakukan puasa air putih ini, dapat membantu memulihkan tubuh dari berbagai penyakit ringan hingga kronis.

Puasa sendiri membuat seseorang aktif secara rohani dan cenderung terlibat dengan lingkungan lebih baik. Proses terapeutik yang kuat ini dikatakan dapat membantu mengatasi penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Inilah mengapa dokter juga meminta Anda berpuasa sebelum operasi atau mengambil tes laboratorium untuk mengurangi komplikasi potensi volume keasaman lambung.

Puasa air putih ini sebenarnya juga berbeda dengan puasa jus buah. Dalam puasa jus buah, Anda dapat memetik aneka nutrisi dari buah-buahan, sedangkan dalam puasa air, tidak ada asupan gizi apapun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda disarankan tidak melakukannya berlebihan karena dapat menimbulkan resiko jangka panjang.

Terutama apabila Anda adalah ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tidak melakukan puasa jenis ini.

Apa saja sih manfaat puasa air putih? Yuk simak info berikut.

Memperpanjang usia

Sebagian besar orang takut akan kematian, dan selalu membayangkan hal yang buruk akan kematian. Hal ini tidak mengejutkan karena memang dewasa ini banyak orang yang masih muda tetap sudah meninggal. Entah karena kecelakaan atau karena kondisi kesehatan yang buruk.

Untuk memperpanjang usia dan menghindari kematian akibat kondisi kesehatan yang buruk, Anda bisa melakukan meditasi dan terapi dengan puasa air putih. Dikabarkan, seperti dikutip dari Spotonlists.com, bahwa mereka yang melakukan puasa air putih dapat meningkatkan usia hidupnya 25 tahun atau lebih.

Selain itu, mereka juga dapat terhindar dari resiko penyakit darah tinggi, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya. Bahkan dengan usaha ini, Anda bisa menghemat sejumlah besar uang yang biasa dikeluarkan untuk pengobatan.

Relaksasi organ

Tidak hanya tubuh saja yang membutuhkan relaksasi. Organ di dalam tubuh sebenarnya selalu bekerja keras seperti mesin tanpa henti. Dan sebenarnya mereka membutuhkan waktu beristirahat sehingga terhindar dari ragam penyakit dan hambatan. Tidak harus selalu dilakukan setiap hari, namun cukup seminggu sekali saja.

Sistem pencernaan kita bekerja lebih cepat selama waktu makan sesuatu, sedang tidur, makan perlahan atau melakukan pekerjaan perlahan. Sedangkan apabila kita bergerak cepat, saluran pencernaan akan beristirahat dan bersantai, di saat inilah pekerjaan organ-organ lain dapat terpenuhi kebutuhan energinya lewat cadangan sel.

Dengan memberikan asupan air putih saja setidaknya seminggu sekali, Anda akan membantu memberikan waktu istirahat dan relaksasi bagi organ-organ di dalam tubuh Anda, terutama lambung.

Menstabilkan gerakan usus

Setiap kali Anda makan makanan padat, maka Anda merangsang reseptor di dalam perut untuk memicu gerakan peristaltik. Nah, gerakan ini bertanggung jawab atas kondisi usus besar dan rektum.

Seringkali karena adanya makanan yang tidak tercerna dengan baik, akhirnya mikro organisme di dalam usus bekerja kurang maksimal. Inilah mengapa Anda sering sembelit atau diare.

Puasa air putih sendiri terbukti dapat memulihkan kondisi tubuh Anda dan menstabilkan gerakan usus, sehingga pencernaan bisa lancar.

Meningkatkan kesehatan otak

Diberkahi otak yang cerdas dibandingkan dengan makhluk hidup lain, seharusnya memang Anda juga menyayangi dan menjaga kesehatan otak.

Puasa air putih dapat meningkatkan perlindungan kesehatan terhadap otak. Caranya adalah dengan meningkatkan autophagy syaraf, mengatur proses jalannya pikiran, memperbaiki sel-sel otak dan mengatur memori, pembelajaran, serta fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Membantu penyembuhan penyakit kronis

Puasa ditemukan efektif membantu pengobatan berbagai penyakit kronis. Misalnya saja diabetes tipe II, yang bahkan berhasil disembuhkan dengan cara puasa air putih ini.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa ada banyak penyakit kronis lain yang berhasil disembuhkan lewat puasa air putih seperti epilepsi, pankreatitis akut, asma, sakit kepala kronis, psoriasis, eksim, fibroid rahim, tumor jinak, dan lain sebagainya.

Puasa sendiri berfungsi menginduksi tindakan anti inflamasi sehingga membuat kulit juga menjadi lebih bersih dan jauh dari jerawat.

Fungsi detoks

Tubuh Anda biasanya bekerja terburu-buru dalam menyerap nutrisi, sehingga seringkali virus atau lemak ekstra ikut terserap. Nah, dengan melakukan puasa air putih ini, Anda dapat membersihkan sistem pencernaan, membuang racun serta kelebihan lemak sehingga tubuh menjadi bersih.

Tingkat pemulihan kesehatan dengan puasa air putih ini juga lebih cepat karena dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan fungsi setiap sel.

Mencegah stres

Tumbuh di tengah kemajuan teknologi ternyata juga tidak membuat manusia kehilangan rasa cemas dan stresnya. Dengan melakukan puasa air putih, sebenarnya stres ini bisa ditekan.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan kadar ketegangan, kecemasan dan normalisasi fungsi kardiovaskuler. Puasa meningkatkan emosional dan spiritual seseorang dan merupakan teknik manajemen stres yang sangat baik.

Membantu menurunkan berat badan

Setiap hari saat ini banyak orang terobsesi menurunkan berat badan. Padahal dengan kesibukan yang kerap menyita waktu Anda tak sempat berolahraga. Belum lagi bila ternyata makanan yang Anda konsumsi justru membuat Anda menambah porsi lemak di dalam tubuh, alhasil berat badan tak menurun namun justru meningkat.

Selama berpuasa, tubuh akan menggunakan jaringan lemak dan mengubahnya menjadi energi. Proses ini dikenal dengan sparing protein. Pelepasan hormon pertumbuhan sebenarnya meningkat saat pembakaran lemak kala berpuasa, untuk itu puasa air putih memang efektif menurunkan berat badan.

Namun, tetap ingat bahwa Anda tidak dianjurkan melakukannya setiap hari atau sangat sering karena justru dapat merugikan kesehatan Anda sendiri.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading