Sukses

Beauty

Makanan Atau Minuman Yang Mengatasi Sakit Kepala

Sakit ringan yang paling sering dikeluhkan adalah sakit kepala. Dan apabila tidak diatasi dengan baik, sakit ini bisa berkembang menjadi sakit kepala kronis, di mana seseorang harus sampai mengonsumsi obat-obatan tertentu dan memperlakukan dirinya sangat istimewa.

Mengusir sakit kepala terkadang memang tidak cukup hanya dengan istirahat saja, sebagian orang membutuhkan pereda nyeri agar aktivitasnya tidak terganggu. Namun apabila terus menerus mengonsumsi obat kimia, yang dikhawatirkan adalah ketika fungsi ginjal terganggu. Oleh sebab itu tak sedikit orang yang berusaha mencari pengobatan alternatifnya.

Dilansir Fitnea.com, berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit kepala dengan memanfaatkan makanan atau minuman yang ada di sekitar kita.

Mengatasi migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang membuat orang merasa sangat sakit di satu sisi kepala saja. Menyebabkan sensitif pada cahaya, rasa lemas, mual hingga muntah. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu mengurangi migrain hingga 48%. Riboflavin ini meningkatkan metabolisme energi ke otak dan sel-sel otot yang melindungi serta mempertahankan energi. Anda bisa mengonsumsi riboflavin ini dari jamur, quinoa, asparagus, bahkan susu rendah lemak.

Mengatasi sakit kepala hormonal

Sakit kepala hormonal biasanya terjadi di satu sisi, mirip seperti migrain. Estrogen yang diduga menjadi alasan mengapa wanita seringkali menderita sakit kepala seperti ini. Umumnya, sakit kepala jenis ini meningkat saat haid datang.

Mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi magnesium, yang fungsinya menenangkan syaraf. Anda bisa mendapatkannya lewat lobal, bayam, kuaci bunga matahari dan lain sebagainya.

Mengatasi sakit kepala akibat ketegangan

Jika Anda terlalu stres dan tegang, maka sakit kepala akan menyerang. Rasanya seperti kepala sedang diremas-remas, dan rasa tegangnya mencapai baju serta punggung.

Adalah CoenzymeQ10 yang merupakan sumber utama produksi energi di dalam tubuh yang penting untuk kesehatan pembuluh darah. Sebagai antioksidan yang kuat, ia akan mendukung mitokondria dan mencegah sakit kepala. Anda bisa memperolehnya dari tuna, mackerel, kembang kol, brokoli, dan lain sebagainya.

Sakit kepala karena pilek atau flu

Ketika Anda sakit pilek atau flu, tubuh Anda kehilangan garam dan air yang dibutuhkan. Anda jadi mudah sekali mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini merupakan salah satu pemicu utama sakit kepala.

Untuk mengatasinya, cukupi kebutuhan air minum, atau bisa didapatkan dari buah-buahan kaya air seperti jeruk, semangka, melon, nanas, strawberry, dan lain sebagainya. Yang terpenting, jaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Minum teh herbal untuk meredakan sakit kepala  

Selama berabad-abad, ligusticum telah menjadi obat tradisional China untuk mengatasi penyakit migrain yang menyakitkan. Dosis yang diberikan adalah 350mg-499 mg per hari. Dapat diseduh sebagai teh, dan dikonsumsi dua atau tiga kali sehari.

Selain itu, ada juga teh jahe, yang dididihkan selama sepuluh menit, kemudian disaring airnya dan diminum sebagai teh. Teh jahe ini kabarnya ampuh mengatasi sakit kepala.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading