Sukses

Beauty

Menggunakan Softlens Saat Tidur, Apakah Berbahaya?

Sama halnya dengan kacamata, menggunakan softlens pada dasarnya untuk membantu Anda melihat lebih jelas. Namun kadang beberapa dari Anda ada yang lupa dan menggunakannya saat tidur. Bahkan jika Anda terburu-buru tidur karena mata sudah mengantuk. Lantas, bahaya nggak nih menggunakan softlens saat tidur?

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Fitra Nalvira, SpM, dokter ahli dari MeetDoctor.com, bahwa penggunaan softlens dalam jangka lama akan meningkatkan risiko terganggunya sirkulasi oksigen pada permukaan kornea mata, terjebaknya deposit yang bisa berasal dari kosmetik seperti eyeliner, krim wajah atau mata, yang mengandung bahan kimia, bahkan bakteri atau virus. Faktor tersebut dapat mengakibatkan:

  • kelainan pada kornea seperti keluhan mata merah, perih, atau nyeri pada mata
  • gangguan penglihatan
  • infeksi bakteri atau jamur pada kornea mata yang sangat berbahaya (keratitis)

Risiko dari penggunaan softlens sendiri yakni non infeksi dan infeksi. Non infeksi disebabkan terganggunya sirkulasi oksigen ke permukaan kornea, atau bahan dari lensa itu sendiri maupun cairan pembersih nya. Biasanya keluhannya pemakai merasa tidak nyaman, panas, perih. Sedangkan infeksi yakni terkontaminasinya lensa atau permukaan kornea oleh bakteri, atau jamur yang bisa menyebabkan infeksi kornea (keratitis) bakteri atau jamur. Mikroorganisme juga bisa berasal dari botol cairan pembersih lensa/water solution yang terkontaminasi, atau kontainer penyimpanan lensa yang jarang dibersihkan.

Ladies, hati-hati ya dalam menggunakan dan menjaga kontak lensa Anda. Jika memang tidak begitu diperlukan, sebaiknya diurungkan dulu niat memakai softlens. Intinya, jangan sampai ya ingin tampil cantik dengan menggunakan softlens tapi malah merusak mata Anda.

Sumber: MeetDoctor.com

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading