Sukses

Beauty

Klorofil, Alasan Utama Sayuran Hijau Penting Dikonsumsi

Banyak yang bilang, jika ingin hidup sehat maka makan dan minumlah sayur dan buah. Benar. Namun ada juga yang bilang bahwa sebaiknya makan sayur hijau lebih banyak dari sayur lainnya karena manfaat kesehatannya yang juga lebih banyak. Benarkah?

Hal ini juga benar, namun tahukah Anda apa alasan di balik saran itu? Berdasarkan juicing-for-health.com, sayuran hijau perlu banyak dikonsumsi karena memiliki kelebihan berupa kandungan klorofil. Klorofil merupakan zat hijau daun yang dibutuhkan tanaman untuk membuat makanannya sendiri. Dengan kata lain, zat klorofil lah yang menyebabkan daun dan semua sayur berwarna hijau.

Bukan hanya dibutuhkan tanaman, tubuh Anda juga membutuhkannya karena klorofil merupakan senyawa protein yang bertindak sebagai penyembuh di dalam tubuh, memperbaiki sel rusak, membersihkan (detoksifikasi) karena bersifat antiseptik, stimulator sel, serta meremajakan dan membangun sel darah merah.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa molekul klorofil sangat mirip dengan hemoglobin dalam darah manusia, substansi yang membawa oksigen dalam tubuh. Bahkan dalam percobaan tersebut, telah menunjukkan bahwa tubuh dapat mengonversi klorofil menjadi hemoglobin, sehingga memperkaya darah.

Manfaat klorofil lainnya selain meningkatkan jumlah darah adalah mengurangi atau menghilangkan bau badan, meredakan radang lambung dan asam lambung, mengurangi masalah pernapasan seperti asma dan sinusitis, mengurangi peradangan dan nyeri disebabkan oleh bakteri di dalam pencernaan serta meningkatkan fungsi usus.

Di samping itu, sayur-sayuran dan buah hijau juga meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui dan membantu mencairkan lemak beracun dan mempermudah program diet Anda karena membantu penurunan berat badan secara alami.

Jadi, sekarang sudah tahu bukan, mengapa pada dokter dan ahli gizi selalu menyarankan Anda untuk memperbanyak makan sayuran hijau?
 



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading