Sukses

Beauty

Yuk Cek Keputihan Anda Di Sini, Normalkah?

Keputihan merupakan kondisi di mana keluarnya cairan atau lendir berwarna putih (terkadang kuning hingga kecokelatan) dari vagina. Umumnya, keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada wanita. Namun, keputihan yang terlalu sering dan menimbulkan beberapa faktor lain bisa dianggap berbahaya.

Nah, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan pun sering sekali membuat wanita kurang percaya diri, terlebih lagi bagi wanita yang telah menikah. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan apakah keputihan yang Anda alami normal atau tidak.

Keputihan sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan yang tidak normal atau yang harus diwaspadai (patologis). Berikut perbedaan keputihan normal dan tidak normal:

    Keputihan normal

    Keputihan normal bisa diukur dari cairan vagina yang memiliki fungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah, atau pada saat mendapat rangsangan.

    Berikut beberapa ciri keputihan normal:

  1. Cairan encer
  2. Warna cairan transparan atau bening
  3. Cairan tidak lengket
  4. Tidak berbau
  5. Tidak menyebabkan gatal
  6. Jumlah cairan yang keluar sedikit

Namun, Anda tak perlu khawatir jika mengalami ciri-ciri keputihan tersebut. Karena keputihan jenis ini normal dialami wanita setiap bulannya. Akan tetapi, jika Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa membasuh vagina dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk, dan ganti pakaian dalam Anda.

Keputihan tidak normal

Keputihan ini biasanya terjadi pada ibu hamil dan harus diwaspadai sebab bisa mengganggu kesehatan janin.
Ciri-ciri keputihan tidak normal antara lain sebagai berikut:

  1. Cairan kental
  2. Biasanya berwarna putih susu hingga kuning
  3. Cairan lengket
  4. Menimbulkan bau tidak sedap
  5. Menyebabkan gatal
  6. Jumlah cairan banyak dan akan meninggalkan bercak pada pakaian dalam

Keputihan sebenarnya bisa dihindari, misalnya saja dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, contohnya saja yogurt. Namun, saat Anda mengalami keputihan tidak normal, jangan mencoba mengobati keputihan dengan minum obat bebas, jamu, atau memakai sabun pembersih kewanitaan karena hal ini akan membuat keputihan lebih parah. Ada baiknya Anda memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)
Loading