Sukses

Beauty

Ini Alasan Mengapa Stres Bisa Jadi Penyebab Kulit Berjerawat

Selain disebabkan oleh berbagai faktor eksternal seperti malas membersihkan wajah atau make up yang bikin alergi, jerawat ternyata juga disebabkan oleh stres lho Ladies. Stres diam-diam jadi pemicu banyak problem pada kehidupan wanita. Mulai dari penyebab penyakit, hingga penyebab problem kecantikan seperti rambut rontok, kuku rapuh, hingga jerawat.

Ladies, jika kita usut, jerawat sering muncul saat PMS, saat menstruasi, menjelang ujian, menjelang interview atau event yang bikin deg-degan. Nah ilmuwan pun menemukan mengapa stres berhubungan erat dengan jerawat,

Sel-sel kulit memiliki reseptor atas hormon stres. Reseptor tersebut akan bereaksi saat terbentuknya sebum. Sebum sendiri adalah substansi yang merupakan kumpulan bakteri yang menutup pori, sel kulit mati, serta debu dan kotoran. Ketika sebum menyumbat pori, maka terbentuklah jerawat serta komedo. Sebum dan minyak di kulit akan diproduksi lebih banyak ketika seseorang dalam masa stres. Ini yang jadi sebabĀ  jerawat semakin banyak muncul di kulit.

Nah, untuk mencegahnya kamu disarankan untuk memaintain stres dan menjaga kebersihan kulit setiap hari agar si jerawat tidak muncul. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading