Sukses

Beauty

Memelihara Tanaman Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Psikologi

Apakah saat ini kamu masih sering melihat tanaman saat sedang bekerja di kantor? Jika iya, maka kamu adalah orang beruntung. Pasalnya memelihara ataupun melihat tanaman hijau bisa bermanfaat untuk psikologis. Dilansir dari Bustle, memandang tanaman hijau bisa membuat seseorang merasa tenang dan bahagia saat memandangnya saja.

Untuk kamu yang pernah mengalami hal itu saat memandang tanaman bisa saja tanaman itu sudah berpengaruh pada psikologimu. Untuk lebih tahu manfaatnya, yuk simak kelebihannya berikut ini.

1. Membantumu menghilangkan stress
Chungnam National University melakukan penelitian bahwa memelihara tanaman bisa membantu menenangkan seseorang dengan menekan sistem saraf simpatik. Penelitian ini mengamati seorang pria yang ditugaskan untuk menyelesaikan tugas di komputer atau menanam tanaman. Mereka menemukan bahwa seorang pria tersebut lebih tenang saat menanam tanaman daripada melihat komputer, hal ini membuktikan bahwa jika kamu berinteraksi dengan tanaman maka bisa membantu untuk menghilangkan stres yang berasal dari gadget dan teknologi.

2. Merangsang kreativitas
Ternyata menurut penelitian menurut Regent's University London menemukan bahwa manfaat melihat tanaman hijau bisa membuat seseorang lebih bisa berpikir kreatif. Mereka mencoba membagi 3 kelompok menjadi 1 grup masuk ke dalam yang ruangan yang tidak ada pemandangan, 1 grup masuk ke dalam ruangan dengan banyak tanaman di sekelilingnya, dan 1 grup yang tidak ada tanaman namun diberi beberapa kertas hijau.

Setelah melihat hasilnya, dapat disimpulkan bahwa grup yang menggunakan kertas hijau dan grup yang melihat pemandangan terlihat lebih kreatif daripada yang tidak. Jadi, jika kamu ingin mencoba inspirasi, cobalah keluar untuk sekedar jalan-jalan melihat pemandangan alam atau mungkin meletakkan sesuatu berwarna hijau di sekitarmu.

3. Mengurangi kecemasan
Penelitian tahun 2005 yang dilakukan National Chung Hsing University menemukan bahwa kecemasan dan ketakutan seseorang akan berkurang jika mereka bekerja di lingkungan yang banyak tanaman atau pemandangan alam. Hal ini sangat disarankan untuk kamu yang sering merasa tidak percaya diri.

4. Bisa menyegarkan pikiran
Menurut penelitian University of Reading pada tahun 2002 mengemukakan bahwa memandang dedaunan hijau akan membuat seseorang bisa berpikir secara jernih. Hmm, bisa jadi alternatif nih selain meminum kopi biar pikiran segar saat di kantor.

5. Bisa membuatmu lebih produktif
Berdasarkan penelitian University of Exeter tahun 2014, produktifitas seseorang akan meningkat 15% ketika menanam tanaman di kantor daripada orang yang bekerja di lingkungan yang kurang tanaman.

Memelihara tanaman terlihat menyenangkan bukan? Jika kamu tertarik, sangat direkomendasi menanam terracotta yang bisa membuatmu merasa tenang saat memandangnya. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Kepribadian dan Pikiran Seperti Ini Membuatmu Hidup Panjang Umur!
Artikel Selanjutnya
Wanita Bertubuh Tinggi Hidupnya Panjang Umur, Menurut Studi