Sukses

Beauty

Bagaimana Mendiagnosis Kanker Payudara

Kanker adalah penyakit berbahaya yang belum bisa sepenuhnya disembuhkan. Meskipun pertolongan medis bisa membantu, lebih dari 50% penderita kanker harus tutup usia akibat penyakit mengerikan ini. Kanker payudara adalah varian penyakit kanker yang sangat mengerikan dan hanya menyerang wanita saja.

Lalu bagaimanakah cara mencegah penyakit ini? Sayangnya, Ladies, masih belum ditemukan cara untuk sepenuhnya menghindari penyakit ini. Tidak bisa dihindari bukan berarti anda tidak bisa mencari pertolongan medis bila gejalanya muncul. Kanker payudara akan menunjukkan beberapa gejala yang bisa dilihat tanpa alat-alat medis kok.

Benjolan Di Payudara

Bila ada benjolan pada payudara anda yang sebelumnya tidak ada, bisa jadi benjolan tersebut adalah gejala dari kanker payudara tahap awal.

Perubahan Kulit.

Menurut webmd.com, pada wanita yang mengalami kanker payudara, kulit akan mengalami perubahan seperti terasa kering, mengelupas, muncul kerut-kerutan, dan bahkan berubah kemerah-merahan

Perubahan Puting Susu

Puting susu wanita yang mengalami kanker payudara biasanya akan tampak masuk ke dalam, kering, ataupun terasa mengeras.

Bila anda melihat gejala-gejala di atas pada payudara anda, segera ambil sampel kulit atau daging dari payudara untuk dilakukan tes biopsi. Selain itu, anda juga bisa melakukan tes ultrasound atau mammogram untuk mengetahui seberapa jauh kanker payudara anda sudah berkembang.

Bila perlu lakukan MRI untuk memperoleh diagnosis yang lebih jelas atas penyakit anda. Kanker payudara mungkin mengerikan, Ladies, tapi bukan berarti anda tidak bisa mendeteksinya sedini mungkin dan mencari pertolongan medis sesegera mungkin.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading