Sukses

Beauty

Teknik Pernapasan Buteyko untuk Penderita Asma

Memiliki penyakit asma berarti juga memiliki pernapasan yang kurang normal. Hal ini dikarenakan saluran pernapasan anda akan dapat menyempit dan menyebabkan aliran udara dari dan ke paru-paru menjadi terhambat. Penyempitan ini bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Kekurangnormalan ini akan terus ada dalam diri penderita asma sepanjang hayat mereka.

Kambuhnya asma merupakan saat-saat yang paling menyiksa untuk para penderitanya. Dada mereka akan terasa sangat sesak dan napas yang mereka keluarkan pun pendek-pendek. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan aktifitas-aktifitas penderitanya terganggu. Oleh karena itu, jika anda adalah salah satu penderita asma, anda dapat mengaplikasikan beberapa teknik pernapasan untuk dapat membantu anda melancarkan pernapasan anda selama asma anda kambuh.

Seperti yang dikemukakan dalam ehow.com, salah satu teknik pernapasan yang dapat anda aplikasikan adalah teknik pernapasan Buteyko. Teknik pernapasan yang satu ini lebih terfokus pada bernapas lewat hidung daripada lewat mulut. Bernapas melalui hidung dapat mengontrol udara yang memasuki saluran udara yang menyempit tersebut dengan pelan-pelan. Hal ini dilakukan karena jika anda berusaha menghirup udara sebanyak-banyaknya pada saat asma anda kambuh, saluran pernapasan anda akan tertutup dan membuat anda semakin sulit untuk bernapas.

Untuk melakukan teknik pernapasan yang satu ini, anda harus tenang terlebih dahulu, Anda harus mengambil napas dengan tenang dan pelan-pelan karena hal ini akan dapat membantu anda meminimalisir stres pada saat asma anda kambuh dan juga menghirup banyak air untuk membantu anda bernapas.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/ova)
Loading
Artikel Selanjutnya
Sumber Antioksidan Diet Penderita Asma
Artikel Selanjutnya
Produk-Produk Asthma-Friendly, Efektifkah?