Sukses

Beauty

Cokelat, Makanan Ampuh Basmi Stress

Cokelat.. hmmm menyebut namanya saja Ladies pasti sudah membayangkan betapa lezatnya makanan ini bukan? Ya, cokelat memang sudah lama menjadi makanan favorit banyak orang. Bukan hanya karena rasanya yang manis dan lezat, manfaat dalam cokelat juga yang membuat banyak orang tidak ragu mengkonsumsi makanan ini.

Cokelat dikenal luas sebagai makanan anti stress. Mungkin Ladies juga salah satu yang suka mengkonsumsi cokelat ketika sedang lelah atau stress karena aktifitas padat yang Ladies jalani. Tapi, benarkah kandungan cokelat dapat mengatasi stress?

Sebuah hasil penelitian yang dilansir pada situs livescience.com menunjukkan hasil yang positif dari mengkonsumsi cokelat terhadap stress. Penelitian itu menemukan bahwa beberapa orang yang mengkonsumsi 14gram cokelat setiap hari selama seminggu terbukti memiliki hormon penyebab stress lebih rendah.

Pada penelitian tersebut, para peneliti mengambil sampel urin dari para responden. Dari urin tadi ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi cokelat, kadar kortisol dan catecholamines penyebab seseorang mengalami stress menurun.

Selain itu, para peneliti dari Nestle Research Center menjelaskan bahwa mengkonsumsi cokelat setiap hari sangat baik bagi metabolisme tubuh yang dapat mempengaruhi keadaan kesehatan seseorang hingga jangka waktu yang panjang. Hal tersebut dibuktikan dari berkurangnya hormon – hormon penyebab stress serta kembali normalnya sistem metabolisme tubuh.

Kandungan dalam cokelat yang terbukti ampuh menghasilkan efek – efek positif bagi kesehatan berasal dari antioksidan yang disebut polifenol. Bahkan, penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa cokelat dapat dikonsumsi untuk melawan kanker.

Semakin senang makan cokelat Ladies? Tapi ingat, tetap batasi porsinya ya, karena berlebihan itu selalu tidak baik.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading