Sukses

Beauty

Cara Mengolah Alang-alang

Ladies, kali ini kita akan membahas cara cara mengolah alang-alang menjadi obat. Namun sebelumnya, kita harus tahu manfaat dari alang-alang itu sendiri.

Dikutip dari resepminumankesehatan.blogspot.com, alang alang bermanfaat sebagai obat untuk menyembuhkan bermacam penyakit terkait buang air kecil dan pencernaan. Selain itu, alang-alang juga bisa dipakai mengobati beragam penyakit batuk dan pendarahan. Bahkan, tanaman ini dipercaya bisa membantu mengobati radang hati, campak, demam, tekanan darah tinggi, hepatitis, asma, lemah urat syaraf saraf, jantung koroner, radang paru-paru dan asma.

Berikut ini adalah cara mengolah manfaat akar alang-alang sebagai obat dikutip dari www.jepitjemuran.com

1. Sebagai obat untuk meluruhkan air seni
Siapkan 40 sembalan rimpang alang-alang yang sudah kering kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tsb dengan air bersih sebanyak 2 gelas, tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minumlah secara rutin 2 kali sehari.

2. Sebagai obat penyakit kencing berdarah
Siapkan akar segar akar alang-alang sebanyak kira-kira 100 gram, cuci dan bersihkan akar sampai benar-benar bersih. Rebuslah dengan 2 gelas air bersih, tunggu mendidih hingga air rebusan tersisa setengahnya. Kemudian angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya. Minumlah secara rutin 2 kali sehari

3. Sebagai obat penyakit ginjal akut
Siapkan akar alang-alang yang segar sebanyak 60 – 120 gram, potong-potong akar menjadi ukuran kecil, lalu cuci dan bersihkan sampai benar-benar bersih. Rebuslah akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan air rebusan dan saringlah untuk memisahkan ampas. Minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Oleh: Annisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading