Sukses

Beauty

Atasi Ketombe dengan Daun Pandan

Ladies, sebagai tanaman yang paling banyak dimanfaatkan daunnya, pandan merupakan tanaman yang paling sering pula dikenal dengan manfaatnya dalam mengharumkan makanan dan minuman manis seperti kue dan es.

Namun jangan salah Ladies, daun pandan tidak hanya bisa dimanfaatkan sarinya untuk menjadi penyedap kue, namun daun pandanjuga memiliki manfaat yang bisa digunakan dalam perawatan rambut Anda agar tetap sehat. Seperti dikutip dari www.tubuhwanita.com, daun pandan dapat dimanfaatkan sebagai obat anti ketombe.

Ini karena menurut www.iptek.net.id, daun pandan mengandung bahan-bahan kimia seperti alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna yang dapat membantu membersihkan kulit kepala yang kotor. Untuk menyiapkan ramuannya pun juga tidka sulit kok Ladies.

Anda cukup menyiapkan daun pandan sebanyak 7 lembar yang sudah dibersihkan dan ditumbuk halus. Jika tidak punya alat tumbuk, juga bisa diblender dengan setengah cangkir air kemudian peras dan ambil sarinya. Setelah itu sari pandan bisa langsung dibalurkan merata ke seluruh bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat.

Biarkan ramuan meresap selama kurang lebih 30 menit dan menutup kepala dengan handuk kering. Jika sudah selesai, Ladies bisa membilasnya hingga bersih dengan air hangat yang diikuti dengan membilas lagi dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga ketombe tak bersisa lagi, Ladies.

Selai bisa membersihkan kulit kepala dari ketombe, daun pandan juga akan mengurangi minyak pada kulit kepala penyebab rambut kotor dan ketombe serta menimbulkan bau harum yang menyegarkan, Ladies.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading