Sukses

Beauty

Sering Digunakan untuk Melawan Penuaan, Ini Perbedaan Retinol dan Retinoid

Fimela.com, Jakarta Tanda penuaan begitu sensitif bagi perempuan. Sebisa mungkin perempuan akan menunda munculnya tanda penuaan dengan menggunakan produk perawatan kulit.

Produk perawatan kulit yang cukup efektif menghilangkan tanda penuaan adalah produk dengan kandungan retinol dan retinoid. Dua kandungan ini merupakan turunan vitamin A yang memerangi penuaan pada kulit.

Lalu apa yang membedakan retinol dan retinoid? Dikutip dari Purewow.com pada Kamis (10/1/2019) retinol kerap ditemukan dalam produk yang dijual bebas, seperti krim, serum atau facial oil

.

Retinol ini mengandung konsentrasi bahan aktif yang rendah. Untuk itu retinol bekerja secara bertahap untuk membersihkan kulit dari noda dan garis halus. Hal in dikarenakan retinol membutuhkan lebih banyak langkah agar bisa diubah menjadi molekul untuk diserap oleh kulit.

Sementara, retinoid tidak dijual bebas dan perlu resep dokter untuk mendapatkannya. Hal ini dikarenakan retinoid memiliki bahan aktif yang jauh lebih tinggi sehingga mudah diserap oleh kulit. Hasil yang didapatkan pun akan jauh lebih cepat dengan efek iritasi yang juga jauh lebih rendah.

 

2 dari 2 halaman

Penggunaan retinol dan retinoid

Jika belum pernah mengenakan kedua kandungan ini, lebih baik coba untuk menggunakan retinol terlebih dahulu. Karena biasanya retinol diformulasikan bersama dengan bahan pelembap untuk meminimalisir efek kulit kering dan iritasi.

Ketika menggunakan retinol, kulit tidak menunjukkan iritasi, coba konsultasikan dengan dokter kulit. Apakah perlu menggunakan retinoid juga. Namun jika dalam kondisi hamil dan menyusui, lebih baik tidak menggunakan retinoid sama sekali.

Baik retinol maupun retinoid akan aman digunakan pada malam hari selama dua minggu pertama. Jika tidak terjadi iritasi, pemakaian retinol maupun retinoid bisa diteruskan setiap malam.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bakuchiol, Pengganti Retinol yang Natural dan Aman untuk Kulit