Sukses

Beauty

Buat Sendiri Leave-In Conditioner dari Shea Butter dan Minyak Alami untuk Rambut Kering

Fimela.com, Jakarta Perawatan rambut yang cenderung kering memang membutuhkan berbagai bahan yang mampu melembutkan. Meski banyak sekali produk leave-in conditioner yang mengandung moisturizer alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan lain sebagainya, namun masih ada kandungan bahan kimia yang justru akan membuat rambut tetap kering. 

Misalnya seperti alkohol dengan tipe short chains. Dilansir dari Hair Buddha, alkohol jenis ini akan menyelimuti setiap batang rambutmu sehingga, bahan-bahan yang dapat melembutkan rambut termasuk air sulit masuk ke dalam kutikula rambut. Alhasil, rambutmu akan kasar dan kering. 

Nah, dari pada beli, sebenarnya kamu bisa membuat sendiri leave-in conditioner di rumah. Bukan hanya menggunakan minyak-minyak alami yang baik untuk kesehatan rambut, tetapi juga dengan shea butteryang berasal dari Gana. Sumber yang sama menulis, shea butter telah lama digunakan para penduduk di Gana dan negara-negara lain di Afrika untuk perawatan rambut mereka. 

2 dari 3 halaman

Resep DIY Leave-In Conditioner

Shea butter sebenarnya juga baik untuk kulit. Namun kali ini, Sahabat Fimela akan menggunakannya hanya untuk rambut setelah keramas. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Tentu saja shea butter, minyak alami yang kamu suka seperti zaitun, minyak kelapa, minyak avokad, atau juga brahmi. 

Tidak ada takaran yang pasti. Karena semua bahan alami, maka kamu bisa menggunakan rasio 1:1:1 atau 2:1:1. Kemudian, karena shea butter ini baunya seperti kacang, kamu boleh tambahkan essential oil yang kamu suka. Misalnya, lavender, jeruk, atau mawar. 

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan

Usai keramas dan menggunakan regular conditioner, keringkan rambut dengan handuk. Dalam keadaan lembap, ambil sedikit saja leave in conditioner yang baru saja kamu buat, dan aplikasikan ke seluruh batang rambut. 

Kemudian sisir dan diamkan sampai kering atau bisa juga menggunakan hair dryer. Selamat mencoba, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Rambut Keriting Wajib Menggunakan Leave-in Conditioner