Sukses

Beauty

5 Kandungan yang Ampuh Berantas Tuntas Ketombe

ringkasan

  • Ketombe merupakan pertumbuhan sel yang dipercepat sehingga muncul sisik yang mengganggu ke kepala dan pundak
  • Penyebab ketombe bisa beragam. Mulai dari genetik, alergi, jamur, dan bakteri
  • Kamu perlu memilih kandungan bahan yang tepat pada produk perawatan rambut untuk mengatasi ketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe menyisakan rasa gatal dan sakit yang serius. Serpihan putih yang muncul di rambut dan jatuh ke pundak sangat mengganggu penampilan.

Melansir dari Real Simple, dalam ketombe sendiri ada pembaruan sel kulit kepala yang dipercepat secara normal. Sehingga jatuh dengan wujud sisik dan biasanya terjadi pada kulit kering. Pada dasarnya, sel-sel kulit tumbuh dan berubah terlalu cepat.

Banyak penyebab terjadinya ketombe, seperti genetik, alergi, jamur, atau bakteri. Untuk mengatasinya, kamu tidak bisa menggunakan sampo yang terlalu keras. Cobalah untuk mencari produk perawatan rambut yang mengandung lima kandungan berikut ini.

1. Pyrithione Zinc

Ini merupakan salah satu bahan aktif paling umum dalam sampo ketombe. Fungsinya, sebagai anti jamur. Sehingga mengurangi ketombe. Produk yang mengandung Pyrithione Zinc biasanya dicantumkan ZPT.

2. Belangkin

Ini menjadi salah satu perawatan paling tradisional. Fungsinya untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit dan memerangi peradangan. Namun perlu hati-hati ketika digunakan karena bahan ini cukup keras dan intens pada kulit kepala dan rambut.

 

Bahan kandungan yang ampuh atasi ketommbe

3. Ketoconazole

Bahan ini membantu mengendalikan pertumbuhan jamur yang disebut malassezia. Sehingga bahan ini menjadi pengobatan ketombe yang sangat baik. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektif, minta resep dokter sehingga pengobatannya lebih maksimal.

4. Asam salisilat

Selain sebagai anti inflamasi, asam salisilat menjadi sangat baik sebagai bahan untuk melawan ketombe. Asam salisilat akan melarukan minyak dan menjadi eksfoliator yang lembut. Sehingga membantu memecah serpihsan ketombe.

5. Minyak rosemary

Dengan sifat anti mikroba, anti inflamasi, dan antiseptik, minyak rosemary bisa menjadi solusi alami bagi kamu yang memiliki ketombe. Minyak rosemary ini juga memiliki efek menenangkan dan baik untuk kulit kepala yang gatal.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Ketombe dengan Facial Khusus untuk Kulit Kepala
Artikel Selanjutnya
Tips Hilangkan Ketombe Akibat Menggunakan Terlalu Banyak Produk Rambut