Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi yang Sudah Menahun dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Keloid tumbuh di luar batas kulit yang cedera, sehingga tampak melebar dan menyerupai tonjolan pada kulit. Bekas luka pada kulit akibat cedera atau setelah operasi merupakan bagian normal dari proses penyembuhan luka.

Ada banyak cara menghilangkan keloid, berikut rekomendasi cara menghilangkan keloid bekas operasi.

Cara Menghilangkan Keloid dengan Cepat

Keloid bisa timbul karena bekas luka, seringkali muncul beberapa bulan setelah kulit mengalami luka. Berikut tips cara menghilangkan keloid dengan cepat.

Suntik kortikosteriod pada keloid

Cara menghilangkan keloid dengan cepat yakni dengan melakukan suntik kortikosteroid pada keloid. Cara ini tergolong aman, walaupun sedikit menimbulkan rasa sakit. Suntik kortikosteroid akan diberikan pada bagian keloid secara rutin, selama satu atau dua bulan sekali sampai bagian keloid mengempis.

Laser

Salah satu cara menghilangkan keloid dengan cepat yakni menggunakan laser. Tindakan ini dapat mengurangi benjolan keloid dan menyamarkan warna. Tindakan laser seringkali dilakukan bersamaan dengan suntik kortikosteroid.

Cryotherapy

Cryotherapy menjadi salah satu cara menghilangkan keloid dengan cepat. Cara ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair yang akan membekukan keloid. Prosedur ini bisa mengempiskan keloid, namun biasanya masih meninggalkan bekas berwarna gelap pada permukaan kulit.

Cara Menghilangkan Keloid secara Alami

Keloid menjadi salah satu jenis bekas luka yang bisa mengganggu penampilan, karena bentuknya tebal dan warnanya kontras. Namun jangan kuatir, yuk simak menghilangkan keloid secara alami.

Baking soda

Cara menghilangkan keloid secara alami bisa dengan menggunakan baking soda, sebab baking soda ampuh untuk mendorong perkembangan lapisan kulit yang baru.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 3 sendok teh hidrogen peroksida kemudian oleskan pada area bekas luka menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan tiga sampai empat hari sekali dalam sebulan.

Lidah buaya

Lidah buaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keloid secara alami. Caranya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke daerah kulit yang memiliki bekas luka, kemudian biarkan sampai mengering dengan sendirinya.

Lakukan cara ini lima hingga enam kali sehari selama beberapa hari, karena lidah buaya sangat efektif meregenerasi kulit yang rusak.

Bawang putih

Studi menyebutkan bahwa ekstrak bawang putih turut memengaruhi pertumbuhan sel fibroblas yang menyebabkan keloid. Karena itulah, bawang putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keloid secara alami.

Untuk menghilangkannya, hancurkan tiga sampai empat siung bawang putih lalu oleskan pada bekas luka selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini cukup kamu lakukan sekali dalam sehari selama sebulan, untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Madu

Madu memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, termasuk dalam menghilangkan bekas luka. Sehingga madu bisa menjadi pilihan bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan keloid.

Kamu bisa mengoleskan madu asli pada bekas luka dan menambah pijatan selama 10 menit, diamkan selama satu jam sebelum dibersihkan dengan air hangat. Lakukan selama dua kali sehari selama beberapa minggu. Hal ini sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan keloid secara alami.

Cara Menghilangkan Keloid yang Sudah Menahun

Keloid yang tumbuh sudah lama ataupun masih baru, sebaiknya segera dihilangkan. Berikut cara menghilangkan keloid yang sudah menahun.

Jus lemon

Jus lemon tidak hanya segar untuk dikonsumsi, namun juga ampuh menjadi cara menghilangkan keloid yang sudah menahun. Hal ini karena lemon mengandung vitamin c dan antioksidan yang mampu mengurangi bekas luka yang mengganggu.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan sari lemon pada bekas luka, kemudian diamkan kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan hal ini dua kali sehari selama sebulan agar memberikan hasil yang maksimal.

Cuka apel

Cara menghilangkan keloid yang sudah menahun bisa juga dengan menggunakan cuka apel. Caranya yakni dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok teh air, kemudian bubuhkan pada area bekas luka dengan menggunakan kapas. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini tiga sampai empat kali sehari selama beberapa minggu sampai menunjukkan hasil yang diinginkan.

Aspirin

Aspirin tidak hanya bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, namun juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan keloid yang sudah menahun.

Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan menyiapkan aspirin secukupnya, tumbuk aspirin dan tambahkan sedikit air agar berubah menjadi pasta. Oleskan secara merata pada bagian tubuh yang terkena keloid. Diamkan beberapa saat sampai mengering kemudian bersihkan dengan air sambil digosok-gosok.

Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi

Keloid bisa timbul setelah mengalami operasi, memang tidak membahayakan namun mengganggu penampilan. Berikut kami bagikan tips cara menghilangkan keloid bekas operasi.

Lembaran silikon gel

Salah satu cara menghilangkan keloid bekas operasi yakni dengan menggunakan lembaran silikon gel. Gel silikon akan dibalutkan pada bagian kulit yang ditumbuhi keloid. Penggunaan lembaran silikon gel harus dilakukan selama beberapa bulan.

Bedah keloid

Bedah keloid bisa kamu jadikan salah satu cara menghilangkan keloid bekas operasi. Tindakan bedah keloid dilakukan dengan cara mengikis area keloid sepenuhnya. Namun cara ini memiliki resiko keloid akan tumbuh kembali.

Suntikan fluorouracil

Suntikan fluorouracil bisa digunakan sebagai cara menghilangkan keloid bekas operasi. Suntikan kemoterapi ini cukup sering digunakan untuk mengatasi keloid. Fluorouracilbisa disuntikkan dengan steroid atau tanpa steroid.

 

Keloid memang mengganggu penampilan, namun jangan kuatir karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan keloid. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading