Sukses

Beauty

Mengenal Jenis-Jenis Kanker Kulit dan Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Kanker adalah penyakit yang bisa menyerang sipa saja. Bahkan jenis kanker juga sangat beragam dan salah satu yang kini sedang menjadi perhatian adalah kanker kulit. Lagi-lagi, kanker kulit juga bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya, seseorang dengan kulit terang, seseorang yang kerap terpapar sinar matahari, dan faktor genetik, menjadi salah satu alasan mengapa kanker kulit bisa terjadi.

Kanker kulit tak bisa dianggap remeh, karena beberapa jenis kanker kulit bisa merenggut nyawa jika tidak segera diobati. Lalu, apa saja jenis-jenis kanker kulit yang harus kita waspadai?

 1. Melanoma

Kanker kulit jenis ini menyerang melanosit. Melanosit adalah sel kulit yang menghasilkan melanin yang bertugas untuk memberi warna pada kulit. Jenis kanker ini sangat berbahaya. Kemunculannya ditandai dengan bintik cokelat atau hitam dan berukuran lebih besar dari tahi lalat. Bentuknya memiliki tepian yang tak beraturan dan warnanya juga berbeda.

Warnanya bisa terlihat kemerahan dengan bercak hitam, biru, dan ungu. Bagian tubuh yang dapat terjangkit melanoma juga tak ada batasnya. Melanoma bisa timbul di mana saja, bahkan di bawha kuku sekalipun. Jenis kanker ini sangatlah mematikan, tapi bisa diatasi jika diketahui sejak dini. 

Mengenal jenis-jenis kanker kulit

 2. Karsinoma sel merkel

Kanker jenis ini menyerang biang merkel yang berada di bawah lapisan atas kulit, di area ujung saraf. Kanker yang satu ini sangat agresif dan sulit diatasi. Namun biasanya, kanker ini akan menyerang orang-orang berusia di atas 50an dan bagi mereka yang mempunyai sistem imun yang lemah. Karsinoma merkel juga dapat menyebar ke organ lainnya seperti otak, paru-paru, dan juga tulang. Jenis kanker ini ditandai dengan benjolan berwarna daging yang tumbuh cepat.

 3. Karsinoma sel basal

Jenis kanker yang satu ini sangat sering ditemui. Biasanyam sebanyak 80% yang menderita kanker karsinoma sel basal adalah orang-orng yang didiagnosa kanker kulit. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari dan sebenarnya pertumbuhan selnya tidak terlalu agresif. Tapi, bila diabaikan, maka sangatlah berbahaya. Biasanya karsinoma sel basal menyerang area wajah, kepala, dan leher.

 4. Karsinoma sel skuamosa

Jenis kanker yang satu ini menyerang bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari. Area wajah, leher, tangan, dan bagian tubuh lainnya menjadi media yang sangat besar kemungkinannya untuk terjangkit karsinoma sel skuamosa. Namun pertumbuhan sel ini sangatlah lambat, dan memiliki tingkat kematian yaang rendah. Jenis kanker yang satu ini juga akan sulit untuk diobati apabila penyebaran selnya sudah terlalu luas.

Mengingat kanker kulit semakin sering terjadi, maka kini proteksi yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan penggunaan tabir surya minimal SPF 30 sebelum beraktivitas. Langkah ini cukup efektif untuk memproteksi kulitmu dari paparan sinar UV.

#GrowFearless with FIMELA

Loading