Sukses

Beauty

Tips Perawatan Diri Menurut Para Ahli yang Perlu Kamu Coba Tahun Ini

Fimela.com, Jakarta Perawatan diri merupakan bagian penting dalam menjalani keseharian. Mencoba strategi perawatan diri yang bekerja untuk orang lain dapat membantu kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri. Lagi pula, jika semua orang melakukannya, itu tidak buruk bagi kamu, bukan? Ini juga dapat membantu untuk mengingat bahwa perawatan diri tidak harus berarti membeli minyak esensial atau menghabiskan waktu dengan pijatan. Ini hanya akan membuat kamu menahan lebih banyak ruang untuk diri sendiri.

Jika kamu berpikir bahwa rutinitas perawatan diri butuh sedikit penyegaran, berikut inspirasi strategi perawatan diri yang populer pada tahun 2020 yang bisa menjadi jawabannya. Dengan mengingat hal itu, berikut para ahli di semua aspek industri kesehatan menyebutkan apa saja strategi perawatan diri yang paling disukai tahun ini, dilansir dari Bustle.com.

Berteman

Tentu, perawatan diri adalah tentang diri sendiri, tetapi itu tidak berarti kamu harus melakukannya sendiri. Menurut Lora DiFranco, pendiri Free Period Press dan pencipta Self-Care Master Plan, teman dapat menjadi bagian besar dari strategi perawatan diri. Hal ini akan membantu kamu menemukan cara terbaik untuk merawat diri sendiri.

"Kami biasanya menganggap perawatan diri sebagai waktu untuk sendirian tetapi hubungan memainkan peran besar dalam kesejahteraan mental kami," ujar DiFranco. "Sebagai tanggapan terhadap era digital, orang mencari koneksi manusia IRL. Saya telah melihat peningkatan besar dalam waktu pertemanan terstruktur melalui klub buku, pesta makan malam sederhana, dan malam spa di rumah," tambahnya. Jadi, jika ingin mencari waktu "me-time" yang berkualitas, kamu dapat memulai dengan menelepon seorang teman.

Atur Ruang

Perawatan diri juga tentang memastikan ruang yang akan dihabiskan dalam waktu lama dengan sesenang mungkin. "Tambahkan detail kecil pada rumah kamu untuk perawatan diri," ujar Dara Weiss, founder dan CEO L'or de Seraphine. "Bahkan, detail sekecil buket bunga, selimut yang nyaman, atau karya seni benar-benar dapat membantu untuk mengatur dan menciptakan suasana yang tepat," tambahnya.

Meditasi

Psikolog klinis dan terapis di Anxiety Solutions, Dr. Michael Stein yang bekerja dengan klien dengan OCD dan kecemasan, memberi tahu bahwa meditasi mindfulness semakin populer. Bermeditasi untuk meningkatkan perhatian sangat bagus untuk mengurangi stres dan kecemasan sambil meningkatkan dan menstabilkan suasana hati. Menurutnya, ini relatif mudah untuk memulai sendiri dengan munculnya aplikasi seperti Headspace dan Calm. Jadi, jika sedang mencari bantuan dari ponsel kamu untuk mencintai diri sendiri tahun ini, mengembangkan latihan mindfulness dapat membantu.

Menulis Jurnal

Ketika sedang mengasah keterampilan perawatan diri, kamu mungkin ingin mencoba memasukkan beberapa pemikiran ke dalam jurnal. Penjurnalan adalah cara untuk menjelajahi pikiran dan emosi tanpa takut dihakimi oleh orang. Khususnya, penjurnalan syukur atau rasa terima kasih. Menurut Google Trends, penjurnalan ini adalah salah satu bentuk yang terus meningkat dalam penelusuran selama lima tahun terakhir. Aplikasi seperti gthx dapat membantu kamu memulai praktik ini yang telah dikaitkan dengan kepuasan hidup yang lebih tinggi dan peningkatan menarik lainnya.

Tanaman Obat

Pastikan kamu keluar dan nikmati udara segar dari alam. Ini adalah bagian yang sangat penting dari rutinitas perawatan diri. Puneet Sabharwal, salah satu pendiri dan CEO tanaman indoor Horti, mengatakan bahwa tanaman dapat memainkan peran penting dalam perjalanan kesehatan dan penyembuhan diri kita sendiri. "Tumbuhan memungkinkan kita memelihara sesuatu di luar diri kita sendiri. Memberi rasa memiliki tujuan di tengah-tengah keseharian," ujarnya. Terutama jika kamu sering tinggal di rumah, tanaman dapat menjadi bagian besar dari rutinitas. "Tidak hanya membuat lingkungan lebih ceria, tanaman hias juga merupakan sahabat yang baik bagi orang-orang dengan mobilitas rendah dan yang hidup dalam isolasi," tambahnya.

Di seluruh dunia, orang-orang keluar untuk mendapatkan perawatan diri mereka. Di Skotlandia, dokter umum telah mulai meresepkan pergi keluar sebagai bagian dari praktik medis.

Menjadi sahabat bagi diri sendiri

Menurut Dr. Stein, menjadi lebih dekat dengan diri sendiri adalah bentuk perawatan diri yang sangat penting namun diremehkan. "Orang-orang sering bersikap keras pada diri mereka sendiri dengan cara yang tidak akan dilakukan terhadap teman atau orang yang dicintai," ujarnya. Ia juga memperingatkan bahwa pembicaraan pada sendiri yang negatif hanya akan membuat kamu jatuh. Alih-alih, cobalah perlakukan diri seperti memperlakukan teman terbaikmu. Dengan ini, kamu akan jauh lebih baik. "Berkomitmen untuk menjadi lebih baik terhadap diri sendiri bisa sangat berarti," tambahnya.

Tahun ini, kamu mungkin memilih untuk mempraktikkan bentuk perawatan diri yang telah terbukti benar. Sebagai alternatif, kamu dapat menyelami cara-cara mencintai diri sendiri yang belum pernah dicoba sebelumnya dan menemukan bahwa itu mengagumkan. Jadi, pikirkanlah perawatan diri seperti apa yang cocok sebagai permulaan. Apa pun yang dicoba atau tidak, pastikan kamu memprioritaskan untuk merawat diri sendiri karena semua orang pantas mendapatkannya.

Itulah beberapa tips perawatan diri yang harus kamu coba ditahun ini. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menikmati Me Time yang Lebih Seru