Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Kulit Sehat

Fimela.com, Jakarta Adakah rahasia untuk memiliki kulit yang sangat bercahaya atau apakah orang dengan kulit yang sempurna hanya memiliki keberuntungan genetika? Jadi, apa yang dilakukan orang dengan kulit yang luar biasa sehat setiap hari? Kebiasaan gaya hidup apa yang dapat diadopsi sekarang untuk mencapai kulit sehat impianmu?

Di sini kamu akan mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan itu. Melansir dari thelist.com, berikut hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kulit sehat idaman semua orang.

Bersihkan makeup

Kamu tentu merasa terlalu lelah untuk membersihkan makeup yang sudah menempel seharian di wajah dan ingin cepat-cepat tidur. Tetapi luangkanlah waktu untuk membersihkan makeup sebelum tidur karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang indah. Makeup yang dibiarkan semalaman menempel di kulimu tentu akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang dapat dengan mudah menimbulkan jerawat dan garis-garis halus.

"Radikal bebas dari lingkungan yang kita sebut polusi tentu tetap berada di permukaan kulit ketika kamu tidak membersihkan wajah dengan benar dimalam hari. Radikal bebas menyebabkan kerusakan kolagen seiring waktu yang dapat menghasilkan pengembangan garis-garis halus dan kulit yang menua sebelum waktunya,” jelas Dr. Eric Schweiger, dokter kulit di New York City kepada the List. 

Gunakan produk yang tepat

Memanfaatkan produk perawatan kulit yang hebat bukan tentang menghabiskan banyak uang atau menumpuk satu ton produk sekaligus. Kuncinya terletak pada mengetahui apa yang dibutuhkan kulitmu dan membeli produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jika tidak yakin tentang jenis kulitmu, kunjungilah dokter spesialis kulit untuk mengetahui jawabannya.

Minumlah suplemen kulit yang tepat

Meskipun tidak ada ramuan ajaib di luar sana untuk menghapus semua masalah kulit secara instan, ada beberapa suplemen yang terbukti dapat meningkatkannya. Gamma-linolenic acid (GLA), asam lemak omega-6 esensial, dan minyak primrose terbukti dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk kulit yang indah.

"Minyak primrose dapat memberi nutrisi pada kulit, rambut, kuku, bahkan sendi. GLA yang dikandungnya membantu memperkuat penghalang kulit dan mengurangi hilangnya kelembaba. Saya merekomendasikannya untuk pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku yang sehat,” jelas Andrew Weil, praktisi kedokteran integratif.

Tidak hanya suplemen yang bagus untuk melawan penyakit kardiovaskular dan alzheimer, omega-3 juga terbukti membantu kulit dalam menangkal kerusakan akibat sinar matahari yang disebabkan oleh sinar UV. Bahkan, omega-3 juga dapat memerangi jerawat dan kerutan.

 

Makan Makanan Sehat

Ikan berlemak seperti salmon banyak mengandung asam lemak omega-3, serta vitamin E dan anti-inflamasi radikal bebas. Ikan adalah sumber protein yang bagus. Ini sangat penting dalam meningkatkan produksi kolagen. Alpukat, juga kaya akan vitamin E, sarat dengan vitamin C, serta lemak sehat yang membuat kulit tumbuh subur.

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber rasio asam omega-3 dan omega-6 yang seimbang sehingga dapat menjaga kulit agar tidak menipis. Sayuran dan buah berwarna-warni, seperti tomat dan paprika, diisi dengan karoten yang melindungi kulit dari kerusakan dan kerutan akibat sinar matahari. Brokoli memiliki senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang dapat membantu mencegah kanker kulit.

Teh hijau telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan aliran darah ke kulit, serta memberikan perlindungan dari sinar UV dan meningkatkan elastisitas. Bahkan, cokelat hitam yang kaya antioksidan dapat berkontribusi terhadap ketebalan, hidrasi, dan perlindungan terhadap sinar matahari.

Olahraga

Sepertinya para ilmuwan semakin banyak belajar setiap tahun tentang manfaat latihan fisik yang luar biasa. Olahraga dapat mencegah penyakit alzheimer, menghilangkan depresi, membantu pemulihan dari penyakit, dan mengecilkan sel-sel lemak kita. Bukan hanya itu, olahraga juga dapat membuat kulit terlihat lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances menunjukkan bahwa olahraga sebenarnya dapat menunda penuaan sel. Latihan kardiovaskular juga mempercepat aliran darah ke kulit, memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang berkembang di kulit.

Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#ChangMaker

Loading