Sukses

Beauty

Beberapa Kandungan Zat yang Harus Diwaspadai dalam Produk Maskara

Fimela.com, Jakarta Maskara adalah salah satu produk makeup yang wajib dimiliki. Meskipun tidak mengenakan eyeshadow atau eyeliner, dengan sentuhan maskara tampilan mata akan terlihat lebih hidup dan lentik. Praktis bukan?

Tapi tahukah kamu kandungan apa saja yang terdapat di dalam produk maskara? Yang lebih penting, adakah bahan mengejutkan yang harus kita waspadai? Menurut byrdie.com sebagian besar maskara dibuat dengan kombinasi minyak (seperti minyak biji wijen, dan lanolin), lilin, serta bahan kimia untuk menambahkan pigmen dan warna. Tetapi bahan-bahan ini tidaklah mengejutkan, beda halnya jika maskara yang memiliki sedikit kilau.

Menurut Fox News, ada 10 bahan kimia khusus yang ditemukan di dalam maskara dan patut diwaspadai. Di antara bahan kimia tersebut adalah karbon hitam, logam berat, titanium dioksida, dan etanolamin, yang semua bahan ini berkaitan erat dengan pemicu kanker.

"Masalah dengan etanolamin adalah bahwa mereka dapat terkontaminasi dengan bahan kimia penyebab kanker yang disebut nitrosamin." kata Janet Nudelman, Direktur Program dan Kebijakan di Dana Kanker Payudara dan Direktur Kampanye untuk Kosmetik tidak Berbahaya, mengatakan kepada Fox News.

 

Kandungan zat dalam maskara yang patut diperhatikan

Selain bahan-bahan kimia tersebut, di dalam produk maskara tertentu juga kerap terdapat benzalkonium klorida (BAK), lilin carnauba kuning primer, pengawet formaldehida, pelepas formaldehida, dan paraben sebagai bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah, seperti reaksi alergi, kekeringan, dan iritasi. Hal ini patut diwaspadai untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Untuk menghindari bahan kimia semacam itu dan kemungkinan menyebabkan iritasi, hindari pemakaian maskara tahan air terlalu sering atau terlalu lama dan bacalah label terlebih dahulu sambil dipelajari arti masing-masing kandungan tersebut.

Penulis: Iffah Nurahmah

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Jadikan Rambut Ikal Tanpa Alat Catok
Artikel Selanjutnya
Berhenti Mengaplikasikan Makeup Cushion Sembarangan, Ini Teknik yang Tepat