Sukses

Beauty

Studi Sebut Setop Pakai Makeup Selama Karantina Bikin Tambah Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Selama masa karantina di tengah pandemi virus corona, seberapa sering kamu menggunakan makeup? Kebanyakan perempuan justru berhenti menggunakan makeup karena tidak ada keharusan untuk pergi keluar rumah. Sehingga tampilan lingkaran hitam di bawah mata hingga kulit kusam lebih sering terlihat. Meski demikian, ada manfaat baik yang diberikan dengan tidak menggunakan makeup.

Melansir dari Purewow pada Selasa (5/5/2020) psikoterapis holistik Jennifer Pepper menjelaskan bahwa penggunaan makeup mempengaruhi alam bawah sadar kita. Ditambah lagi dengan adanya pendapat oranglain yang memengaruhi pemikiran kita soal makeup.

"Ketika memakai makeup, kita mengirimkan pesan ke alam bawah sadar bahwa kita cacat dan bahwa kekurangan itu harus ditutup atau disembunyikan," ungkap Pepper.

Sehingga ketika melihat wajah tanpa menggunakan makeup, mungkin kamu akan merasa bahwa itu bukan dirimu. Hal ini dikarenakan alam bawah sadarmu sudah sangat terikat dengan penampilan yang dikoreksi makeup. Sangat wajar bila kamu merasa tidak seimbang ketika melewatkan makeup.

 

Kalibrasi citra diri yang baru

Lalu, ketika kamu berhenti menggunakan makeup akan ada rutinitas baru yang terjadi. Membuat alam bawah sadar pun menyadari dan membutuhkan pembiasaan untuk menjadikan rutinitas baru ini sebagai hal yang wajar.

Butuh waktu untuk mengkalibrasi citra diri yang baru ketika kamu memilih untuk tidak menggunakan makeup sama sekali. Kebiasaan ini akan mengirimkan pesan ke alam bawah sadar bahwa dirimu lebih berharga daripada sekadar penampilan.

Studi pada 2016 yang dilakukan Psychological Association meminta para perempuan setiap hari menilik diri mereka pada cermin tanpa menggunakan makeup. Seiring berjalannya waktu, mereka justru lebih percaya diri dan lebih mencintai diri sendiri.

 

Bikin kulit bersih

Tingkat ketidaknyamanan dan tekanan tentang penampilan pun menurun. Melihat diri sendiri tanpa makeup secara berulang memberikan seseorang kesempatan untuk mendefinisikan ulang arti kecantikan.

Selain kepercayaan diri, tidak menggunakan makeup juga memberi kesempatan kulit beristirahat, membantu kulit bersih hingga ke tingkat pori-pori dan membantu mengidentifikasi apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading