Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Bulu Mata Menipis dan Tidak Lentik

Fimela.com, Jakarta Kelentikan bulu mata sangat memengaruhi penampilan wajah secara keseluruhan. Dengan bulu mata yang lentik menunjukkan tampilan yang lebih segar. Namun tidak semua perempuan memiliki bulu mata lentik secara alami.

Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan beberapa produk seperti maskara, bulu mata palsu, hingga ekstensi bulu mata. Meski memberikan tampilan bulu mata yang apik, tentu ketiga produk ini juga memberikan efek samping bagi perkembangan bulu mata.

Pada beberapa orang, bulu mata cenderung menipis bahkan rontok. Selain produk tersebut, menipisnya bulu mata juga dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan buruk, seperti dilansir dari Boldsky pada Senin (15/6/2020). Kebiasaan buruk yang seperti apa?

1. Menggosok mata

Menggosok mata terlalu kuat akan menarik bulu-bulu mata yang menyebabkannya rontok. Saat bulu mata tersebut kembali tumbuh untuk waktu yang tidak singkat, justru akan mengarah pada penipisan bulu mata. Selain itu, karena area bawah mata yang cukup sensitif, menggosok secara konstan juga menyebabkan kerutan dan garis halus lebih dini.

2. Selalu menggunakan maskara

Memang, maskara membuat tampilan bulu mata lebih bervolume dan lentik. Terlebih jika kamu menggunakan maskara dengan formula tahan air. Namun, bahaya bukan hanya berasal dari kandungan kimia pada maskara. Melainkan, kebiasaan membersihkan maskara dengan digosok juga berdampak tidak baik pada pertumbuhan bulu mata.

 

3. Menggunakan pembersih yang salah

Ada berbagai macam jenis pembersih untuk mengangkat makeup dan kotoran. Jangan sekali-kali menggunakan pembersih wajah yang keras maupun sabun pencuci muka untuk menghapus makeup pada mata. Untuk membuat bulu mata tetap kuat dan indah, gunakan pembersih makeup yang memang khusus untuk mata. Pembersih jenis ini sangat ringan di kulit dan tidak membutuhkan gerakan menggosok terlalu banyak.

4. Kebiasaan makeup yang salah

Kebiasaan menggunakan makeup sembarangan tidak hanya berdampak pada bulu mata melainkan juga seluruh wajah. Khusus bulu mata, pastikan menggunakan maskara dengan kualitas baik. Sembarang maskara hanya akan menciptakan gumpalan pada bulu mata yang juga berbahaya pada mata. Selain itu, jangan pernah tidur dalam kondisi masih menggunakan makeup mata. Makeup mata yang terlalu lama digunakan juga berdampak buruk pada akar bulu mata.

Hindari menggosok bulu mata selama menggunakan maskara. Bukan hanya merusak maskara, kamu juga sekaligus merusak bulu mata. Jangan gunakan produk maskara kadaluwarsa dan ganti maskara setiap tiga bulan sekali.

5. Diet yang salah

Kekurangan vitamin dan mineral selama diet juga bisa menjadi alasan kenapa bulu matamu menipis. Tubuhmu tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk menumbuhkan bulu mata. Pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Lash Lift, Alternatif Melentikan Bulu Mata secara Alami dan Tahan Lama