Sukses

Beauty

Cara Benar Menggunakan Suncreen saat Olahraga Outdoor dari Dewasa hingga Anak-Anak

ringkasan

  • Penggunaan sunscreen dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika beraktivitas outdoor sangat penting
  • Kulit yang tidak terlindungi dan mendapat paparan sinar UV yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mendeteksi dan menyerang sel ganas

Fimela.com, Jakarta Olahraga outdoor merupakan aktivitas yang banyak digemari belakangan ini. Selain untuk menghilangkan suntuk, dengan berolahraga outdoor juga diharapkan dapat memberikan asupan vitamin D dari sinar matahari yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, sinar ultraviolet (UV) yang terkandung dalam sinar matahari juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Tak hanya itu, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa paparan sinar UV yang berlebihan justru dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh manusia dalam mendeteksi dan menangkal sel ganas.

Untuk menghindari masalah tersebut, dr. Inneke Jane, SpKK, M.Kes menyampaikan penggunaan sunscreen dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika beraktivitas outdoor pun menjadi penting. Bahkan sunscreen pun wajib digunakan ketika menjalani aktivitas indoor.

"Sunscreen wajib digunakan di mana pun, indoor karena sinar matahari dapat masuk dari celah jendela. Apalagi jika berkegiatan di luar ruangan. Apalagi saat keluar rumah, meskipun hanya sebentar, kulit dapat terpapar oleh sinar UV yang tembus melalui celah serat pakaian. Saat cuaca mendung, awan dapat menyaring sinar matahari, tetapi tidak sinar UV. Dengan kata lain, pada hari yang berawan atau mendung sekalipun, kita masih dapat terpapar sinar UV, " ujar dr. Inneke dalan acara NIVEA Sun SKINVERSATION.

Kulit yang tidak terlindungi dan mendapat paparan sinar UV yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mendeteksi dan menyerang sel ganas. Hal ini tentu bertolak belakang dengan harapan kita berolahraga yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karenanya, bila ingin mendapat manfaat maksimal dari berolahraga outdoor, lindungi kulit dengan menggunakan sunscreen secara merata dan berkala.

 

Tips pakaian sunscreen saat olahraga

dr. Inneke juga memberikan tips menggunakan sunscreen saat berolahraga outdoor yang aman dan nyaman.

1. Aplikasikan sunscreen secara merata hingga benar-benar menutupi seluruh lapisan kulit wajah dan tubuh setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Untuk perlindungan maksimal, ulangi pemakaian sunscreen setiap 2-3 jam.

2. Pilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan atau jenis aktivitas yang akan dilakukan:

Untuk olahraga bersepeda dan berlari:

Wajah: Sun Face Serum dengan SPF 50+ dan PA+++, tidak menimbulkan whitecast, cepat menyerap, dan tidak lengket, tersedia dalam 2 pilihan, untuk kulit normal dan berminyak dari Nivea.

Tubuh: Sun Protect & Moisture dengan SPF 50 yang dapat melindungi sekaligus melembapkan kulit tubuh.

Setelah berolahraga: After Sun Lotion atau Spray.

Untuk olahraga skateboard dan rollerblade:

Wajah: Sun Face Serum dengan SPF 50+ dan PA+++.

Tubuh: Sun Protect & Moisture dengan SPF 30 yang dapat melindungi sekaligus melembabkan kulit tubuh.

Setelah berolahraga: After Sun Lotion atau Spray

Untuk anak-anak:

Sun Kids Lotion SPF 25 (untuk sehari-hari)

Sun Kids Protect & Play (untuk bermain atau olahraga di luar rumah)

Sun Kids Swim & Play (untuk berenang)

Sun Kids Sensitive (untuk anak dengan kulit sensitif)

"Gunakan sunscreen wajah sebanyak dua ruas jari, untuk tubuh dua sendok makan. Jika berkeringat, aplikasikan kembali sunscreen setelah wajah dibersihkan. Maka disarankan untuk memilih sunscreen tahan air," papar dr. Inneke

Brigitta Dewi Pricillia selaku Junior Brand Manager NIVEA Sun menyampaikan Nivea Sun hadir dalam tingkatan Sun Protection Factor (SPF) yang berbeda, mulai dari SPF 30, 50 hingga 50+. SPF sendiri menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UV B yang dapat menyebabkan kemerahan dan kulit terbakar. Selain SPF, produk-produk NIVEA Sun juga dilengkapi dengan Protection Grade of UV A atau biasa disingkat PA, yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV A penyebab penuaan kulit.

"Diformulasikan secara khusus memiliki tekstur yang lebih ringan, tidak lengket, mudah menyerap di kulit serta tidak menimbulkan whitecast sehingga nyaman digunakan sehari-hari," ujarnya.

 

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Laser Teknologi Terbaru Atasi Gangguan Pembuluh Darah di Kulit
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Mengapa Calendula Bagus untuk Atasi Kulit yang Rewel