Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Rambut Kasar dan Megar yang Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Punya rambut lembut, halus, dan gampang diatur sudah pasti jadi impian banyak perempuan. Bukan tanpa alasan, pasalnya rambut indah pastinya bisa menunjang penampilan. Apalagi di masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini, di mana penggunaan masker adalah hal yang wajib buat mencegah penularan virus. Saat makeup nggak bisa ditonjolkan, rambut cantik bisa jadi penyelamat.

Namun, lama di rumah aja dan nggak melakukan perawatan rambut di salon sudah pasti menyebabkan berbagai masalah. Rambut yang kasar dan megar sering jadi masalah yang mengganggu penampilan. Saat nggak bisa ke salon, nggak perlu khawatir. Pasalnya cara mengatasi rambut kasar dan megar ini bisa kamu lakukan di rumah aja. Check this one out!

Cara Mengatasi Rambut Kasar dengan Shampoo yang Tepat

Punya rambut kasar dan megar memang menyebalkan. Namun, cara mengatasi rambut kasar bisa dilakukan dengan langkah sederhana, dimulai dengan pemilihan shampoo yang tepat. Untuk rambut kasar, pilih shampoo yang memiliki berbagai vitamin dan pelembap alami yang dapat mengembalikan nutrisi rambut.

Pelajari kandungan yang ada di dalam shampoo sebelum menggunakannya untuk perawatan sehari-hari. Ada beberapa bahan yang direkomendasikan ada dalam shampoo untuk rambut kering, sepeti shea butter yang kaya akan vitamin, protein, minera dan senyawa antioksidan yang baik untuk membuat rambut lebih halus dan mudah diatur. Selain itu, argan oil juga direkomendasikan untuk menjaga kelembapan rambut, mencegah rambut terasa kering, kasar, dan megar. Dengan pemilihan shampoo yang tepat, cara mengatasi rambut kasar dan megar pun bisa dilakukan dengan maksimal.

Cara Mengatasi Rambut Kasar dan Megar dengan Pemakaian Kondisioner

Pakai shampoo saja sudah cukup untuk keramas, siapa bilang? Jangan lupa melakukan perawatan rambut dengan kondisioner sebagai langkah mengatasi rambut kasar dan megar yang dialami. Kondisioner merupakan produk yang dirancang untuk melembapkan rambut, membuatnya lebih mudah diatur, anti megar dan nggak kusut. Jadi pastikan gunakan produk ini secara rutin saat keramas.

Supaya cara mengatasi rambut kasar dan megar yang dilakukan lebih maksimal, pastikan gunakan dengan cara yang tepat. Gunakan kondisioner setelah keramas dan aplikasikan di area batang hingga ujung rambut. Hindari pemakaian kondisioner di kulit kepala karena dapat membuat rambut mudah lepek.

Cara Mengatasi Rambut Kasar dengan Teknik Mengeringkan Rambut yang Tepat

Teknik mengeringkan rambut setelah keramas mempengaruhi kondisi rambut jadi kasar dan megar, lho. Kok bisa? Jadi, saat basah, rambut ternyata berada dalam posisi paling rentan mengalami kerusakan. Nggak heran jika rambut patah dan rontok seringnya muncul ketika kondisinya basah.

Untuk mencegah masalah ini, lakukan cara mengatasi rambut kasar dan megar dengan teknik mengeringkan rambut yang tepat. Mulai dari menggunakan handuk lembut agar tidak merusak lapisan kutikula dan juga gunakan hair dryer saat rambut sudah setengah kering agar tidak semakin mengembang.

Gunakan Heat Protection Spray Saat Menggunakan Catok Rambut

Mencatok rambut memang bisa membuat rambut terlihat lebih halus dan cantik seketika. Tapi, efek penggunaan alat yang memiliki suhu tinggi ini juga bisa merusak lapisan kutikula rambut yang membuatnya jadi kasar dan megar. Supaya rambut tetap sehat dan cantik, gunakan heat protection spray sebagai cara mengatasi rambut kasar dan megar yang bisa dilakukan di rumah. Aplikasikan secara merata pada rambut untuk melindunginya dari temperatur panas yang bisa bikin rambut makin kering.

Selain itu, hindari mencatok rambut dengan suhu yang terlalu tinggi untuk meminimalisir kerusakan yang ada. Idealnya, catok rambut dengan suhu 180 derajat Celsius masih tergolong aman jika menggunakan heat protection spray. Pastikan lakukan hal ini untuk mengatasi rambut kasar dan megar yang mengganggu penampilan, ya!

Penataan Rambut dengan Roller untuk Mengatasi Rambut Kasar dan Megar

Gaya rambut wavy hair ala idol Korea belakangan ini memang lagi jadi tren. Namun, mengeriting rambut dengan curling iron juga berisiko menyebabkan rambut kasar dan megar. Untuk mengatasinya, mengapa tidak memanfaatkan teknik heatless curl menggunakan hair roller saja?

Cara ini memang nggak instan, tapi dijamin lebih aman untuk rambut. Lakukan keramas di malam hari lalu tata rambut menggunakan hair roller, biarkan semalam. Saat terbangun di pagi hari, kamu bakal menemukan rambut yang tampak curly cantik sekaligus menjadi cara mengatasi rambut kasar dan megar yang mengganggu penampilan.

Merawat Rambut Saat Tidur untuk Mengatasi Rambut Kasar dan Megar

Cara mengatasi rambut kasar dan megar yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan merawat rambut saat tidur. Ternyata, rambut juga membutuhkan perlindungan di malam hari untuk menjaganya agar tetap sehat. Misalnya dengan mengaplikasikan serum rambut untuk memberikan nutrisi yang diperlukan.

Nggak hanya itu, cara mengatasi rambut kasar dan megar juga bisa dilakukan dengan mengganti sarung bantal yang digunakan. Pilih yang berbahan silk lembut untuk mencegah gesekan rambut yang dapat merusak lapisan kutikula dan membuat rambut terlihat kasar dan megar. Kamu juga bisa memberikan perlindungan rambut dengan mengikatnya saat tidur, misalnya dengan gaya cepol atau braided hair untuk mencegah rambut kusut saat terbangun di pagi hari.

Cara Mengatasi Rambut Kasar dan Megar dengan Madu

Bukan rahasia lagi kalau madu punya sederet beauty benefit yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut, sekaligus menjadi cara mengatasi rambut kasar dan megar lho. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan yang melembapkan, memiliki formula anti-bakteri yang dapat membersihkan kulit kepala, dan kaya kandungan vitamin C untuk merangsang regenerasi rambut.

Lakukan perawatan dengan madu sebagai cara mengatasi rambut kasar dan megar yang bisa dilakukan di rumah. Caranya gampang kok, kamu bisa mengaplikasikan madu sebagai masker alami untuk perawatan rambut di rumah. Bisa juga mengombinasikannya dengan bahan lain, seperti alpukat atau lemon yang juga baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Hindari Produk Rambut Apapun Berbahan Alkohol

Kandungan alkohol dalam produk perawatan yang digunakan ternyata bisa menyebabkan kondisi rambut jadi lebih kering, kasar, dan tampak megar. Makanya, penting banget melakukan cara mengatasi rambut kasar dan megar dengan menghindari produk perawatan rambut apapun yang mengandung alkohol untuk menjaga rambut tetap lembap dan halus.

Gunakan Masker dari Lidah Buaya

Menggunakan masker rambut secara rutin bisa menjadi cara mengatasi rambut kasar dan megar yang mengganggu penampilan. Penggunaan bahan alami bisa jadi pilihan, misalnya lidah buaya yang dikenal punya berbagai manfaat kecantikan. Bahan ini dikenal menunjang kesuburan dan kesehatan rambut indahmu.

Menggunakan masker lidah buaya di rumah juga gampang banget kok. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya langsung di rambut yang lembap atau mengombinasikannya dengan bahan lain seperti minyak zaitun yang juga baik untuk kesehatan rambut.

Hot Oil Treatment

Cara mengatasi rambut kasar dan megar yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan hot oil treatment. Perawatan rambut yang satu ini adalah memanfaatkan minyak zaitun yang memiliki kandungan untuk melembapkan sekaligus menutrisi rambut agar lebih halus dan lembut. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bekerja untuk memperbaiki kerusakan sel sehingga rambut tetap sehat dan bercahaya.

Untuk melakukan hot oil treatment, langkah yang perlu dilakukan adalah memanaskan minyak zaitun dalam microwave selama 10 menit. Selanjutnya, pijat minyak zaitun di bagian kulit kepala hingga batang rambut. Diamkan semalam. Lalu keramas dengan air dingin keesokan harinya. Lakukan secara teratur untuk mengatasi rambut kasar dan megar yang mengganggu penampilan.

Biarpun di rumah aja, tapi punya rambut yang halus dan lembut bukan hanya impian kok. Lakukan 10 cara mengatasi rambut kasar dan megar yang bisa dilakukan di rumah untuk mewujudkan penampilan impianmu.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Masker Spirulina yang Bisa Mencegah Penuaan Dini
Artikel Selanjutnya
Nostalgia Sederhana dengan Koleksi Pembersih Wajah dan Lip Cream Berkarakter Disney