Sukses

Beauty

Cara Mengaplikasikan Suncreen yang Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Di negara tropis, penggunaan sunscreen sangat penting, agar kulit tidak terbakar matahari, terlindungi dari UVA dan UVB serta mencegah tanda-tanda penuaan, yang disebabkan karena matahari.

Sunscreen atau yang sering disebut dengan tabir surya, merupakan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur krim, cepat meresap ke kulit dan tidak meninggalkan bekas warna keputihan. Tabir surya juga memiliki fungsi untuk membantu melembapkan kulit, mengurangi kemerahan di wajah dan mencegah iritasi kulit.

Walaupun sunscreen sangat baik untuk kulit, namun sunscreen juga bisa menyebabkan kulit menjadi gosong, kalau pengaplikasiannya di kulit salah. Berikut cara mengaplikasikan sunscreen yang baik dan benar, dilansir dari berbagai sumber:

Memilih SPF yang Tepat

Sebelum membeli sunscreen, lebih baik mengenali tentang kandungan SPF yang ada di dalam sunscreen, agar tidak salah membeli produk dan membuat kulit menjadi terbakar matahari.

Kandungan SPF atau Sun Protection Factor yang ada di dalam sunscreen, merupakan sebuah kandungan yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Ada berbagai jenis SPF yang terkandung di dalam sunscreen, seperti SPF 15, SPF 20, SPF 25, SPF 30 dan SPF 50.

Untuk iklim tropis seperti di Indonesia ini, lebih baik setiap harinya kamu menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30. Namun jika akan melakukan perjalanan jauh seperti ke pantai, gunakanlah sunscreen yang mengandung SPF 50.

Gunakan Sunscreen 30 Menit Sebelum Keluar Ruangan

Cara mengaplikasikan sunscreen yang baik dan benar adalah 30 menit sebelum keluar ruangan. Walaupun sunscreen memiliki tekstur krim yang cepat meresap ke kulit, namun kulit tetap membutuhkan penyesuaian untuk menyerap sunscreen, kurang lebih sekitar 30 menit.

Setelah 30 menit, kamu bisa mengaplikasikan riasan di wajah dan keluar rumah. Kalau kondisi sunscreen belum meresap dengan sempurna, sunscreen bisa membuat kulit wajah menjadi terbakar sinar matahari, serta membuat riasanmu menjadi rusak.

 

Takaran Minimal Sebanyak 2 jari

Salah takaran saat mengaplikasikan sunscreen ke kulit, bisa menyebabkan kulit terbakar sinar matahari, karena kulit kurang terlindungi oleh kandungan SPF yang ada pada sunscreen.

Untuk mengaplikasikan sunscreen di kulit wajah, Sahabat Fimela bisa menggunakan 2 jari yaitu telunjuk dan jari tengah, lalu aplikasikan sunscreen ke wajah secara merata, dan biarkan sunscreen meresap dengan sempurna. Jangan lupa untuk dioleskan di bagian leher juga.

Mengulangi Penggunaan Sunscreen

Cara mengaplikasikan sunscreen yang baik dan benar, yaitu dengan mengulangi penggunaan sunscreen selama 4 jam sekali. Pada dasarnya setiap produk perawatan kulit bisa luntur, jika digunakan terlalu lama dan tidak diulangi penggunaannya. Sama halnya dengan sunscreen yang akan luntur terkena keringat maupun minyak, jika tidak diulang penggunaannya.

Jika menggunakan sunscreen yang krim, kamu bisa menghapus riasan dan mengulang pengaplikasian skincare seperti awal sebelum merias wajah. Namun kalau kamu menggunakan sunscreen yang berbentuk spray, bisa langsung di semprot dan diaplikasikan di kulit wajah.

Tetap Menggunakan Sunscreen di Dalam Rumah

Cara terakhir mengaplikasikan sunscreen yang baik dan benar, yaitu dengan tetap menggunakan sunscreen di dalam ruangan atau di dalam rumah. Walaupun hanya di dalam ruangan, sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan, dan bisa membaut kulit terbakar sinar matahari.

Jika hanya di dalam ruangan saja, gunakanlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 PA++, dan tetap mengulangi aplikasi sunscreen setiap 4 jam sekali.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
YoonA, Anggota SNSD Terpilih Menjadi Brand Ambassaador Estee Lauder