Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat dan Alami

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang sering mengganggu penampilan. Karena jerawat timbul dipermukaan kulit, membuat kulit wajah menjadi lebih kasar. Jerawat juga bisa membuat wajah terlihat kusam dan kulit menjadi memerah karena bengkak.

Jerawat memiliki banyak jenis yang berbeda-beda. Salah satunya adalah jerawat batu yang memiliki bentuk besar, benjolannya penuh dengan nanah, yang menimbulkan rasa gatal dan sakit karena peradangan. Jerawat bati ini agak susah untuk dihilangkan.

Jerawat batu ini disebabkan karena perubahan hormon, kulit terlalu berminyak, pori-pori tersumbat, faktor genetik, pola hidup kurang sehat dan lain sebagainya. Jerawat batu dapat dikempeskan dengan cara dan bahan yang alami. Berikut beberapa cara mengempeskan jerawat batu, menggunakan bahan-bahan yang alami:

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

1. Kentang

Jerawat batu dapat dikempeskan dengan kentang. Kentang termasuk umbi-umbian yang memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi. Sifat dari kandungan inilah yang bisa membantu mengempeskan jerawat batu secara alami.

Kentang bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang bisa membantu mengempeskan jerawat batu secara alami. Caranya dengan mengupas satu buah kentang, lalu potong kentang menjadi tipis. Setelah itu tempelkan potongan kentang ke area wajah yang memiliki jerawat batu. Masker kentang ini bisa didiamkan selama 10 menit di wajah, untuk mengurangi rasa nyeri akibat jerawat batu yang meradang. Kemudian cuci wajah dengan air dingin, dan lakukan hal ini secara rutin setiap seminggu sekali.

2. Kunyir, Lemon dan Madu

Perpaduan antara kunyit, lemon dan madu bisa membantu mengempeskan jerawat batu secara alami. Ketiga bahan alami ini sangat terkenal sebagai obat tradisional, yang memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan bisa membantu mengatasi peradangan.

Kunyit bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada jerawat batu, lemon bisa membantu membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat, sedangkan madu bisa membantu menjaga minyak di wajah tetap terkontrol. Ketiga bahan ini dapat diolah menjadi masker wajah, dengan cara menghaluskan kunyit dan campurkan dengan jeruk nipis, serta 2 sdm madu. Lalu aduk hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

3. Putih Telur

Putih telur sangat terkenal di dalam dunia kecantikan. Karena putih telur bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti membantu mengempeskan jerawat batu secara alami. Putih telur memiliki kandungan enzim lusozim, yang berfungsi untuk membunuh bakteri danjamur penyebab jerawat, membersihkan pori-pori, mengontrol minyak berlebih dan mengangkat komedo. Cara mengempeskan jerawat batu dengan putih telur sangatlah mudah, dengan cara mengocok putih telur hingga mengembang, lalu aplikasikan pada area yang berjerawat, diamkan sebentar dan bilas hingga bersih.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan makanan yang bisa membuat masakan menjadi gurih. Ternyata selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk mengempeskan jerawat batu. Bawang putih memiliki kandungan allicin, vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga dan zinc, yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat batu dan membantu mengatasi kulit yang meradang. Cara menggunakan bawang putih untuk mengempeskan jerawat batu adalah dengan menumbuk 3 bawang putih hingga halus, lalu aplikasikan di bagian jerawat batu, tunggu selama 5 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

5. Tomat

Cara mengempeskan jerawat batu yang terakhir adalah dengan menggunakan tomat. Karena tomat memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A yang bersifat sebagai anti inflamasi. Kandungan inilah yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada jerawat batu secara alami.

Tomat dapat dikonsumsi setiap hari, untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dari dalam tubuh, dan juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk mengempeskan jerawat batu. Buah tomat dapat dibelah menjadi 2 bagian, lalu potong tipis. Oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah dan diamkan selama 20 menit, lalu cuci hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading