Sukses

Beauty

5 Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam dengan Memilih Kandungan Skincare yang Benar

Fimela.com, Jakarta Kulit kusam adalah kondisi wajah yang membuat rasa kepercayaan diri menjadi menurun. Kulit kusam ini merupakan salah satu tanda kulit mengalami penuaan dini, yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas.

Kulit kusam juga bisa disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, tubuh kekurangan cairan, jarang membersihkan wajah dan salah menggunakan produk skincare.

Agar kulit kusam berubah menjadi tampak cerah dan bersinar, kamu bisa menggunakan skincare dengan memilih kandungan bahan aktif yang cocok dengan kondisi kulitmu. Berikut cara merawat wajah agar tidak kusam, dengan menggunakan kandungan skincare yang tepat, dilansir dari berbagai sumber:

Niacinamide

Cara merawat wajah agar tidak kusam yang pertama, yaitu dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan niacinamide. Kandungan niacinamide ini merupakan turunan dari vitamin B3.

Skincare yang memiliki kandungan niacinamide, bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Kandungan ini juga bisa membantu menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat, hingga membantu menghambat pembentukan melanin akibat paparan sinar matahari.

Kandungan niacinamide ini juga bisa membantu mengatasi iritasi pada wajah, membantu mengurangi peradangan, mengatasi munculnya jerawat dan bisa mempercepat jerawat kering.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid atau yang biasa disebut dengan AHA, adalah kandungan skincare yang bisa merawat wajah agar tidak kusam. Kandungan ini biasanya terdapat pada produk skincare berupa toner, serum dan krim wajah.

Kulit kusam bisa disebabkan karena banyaknya tumpukan sel kulit mati pada wajah. Sehingga cara merawat wajah agar tidak kusam dengan kandungan AHA ini sangat membantu, karena kandungan ini bisa membantu pengelupasan sel kulit mati di kulit wajah, serta membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

Kandungan ini juga bisa membantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen sangat dibutuhkan kulit wajah, karena kolagen ini merupakan serat yang kaya akan protein, yang bisa membuat kulit tampak lebih lembap dan lembut.

 

Beta Hydroxy Acid (BHA)

Hampir sama dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid atau AHA, kandungan Beta Hydroxy Acid atau BHA yang terdapat di dalam skincare, bisa membantu merawat wajah agar tidak kusam.

Kandungan BHA ini terdiri dari senyawa asam karboksilat, yang bisa membantu pengelupasan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Kandungan BHA ini juga bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit normal.

Selain mencerahkan kulit kusam, kandungan BHA memiliki tekstur lembut yang bisa mengangkat whiteheads dan blackheads. Kandungan ini juga bisa menenangkan kulit yang kemerahan, serta membantu menghambat pertumbuhan milia di area kulit.

Vitamin C

Cara merawat wajah agar tidak kusam yang selanjutnya, yaitu menggunakan skincare yang memiliki kandungan vitamin C. Dari zaman dahulu, kandungan vitamin C dipercaya bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam, dan membuat kulit wajah tampak bersinar kembali.

Kandungan vitamin C bisa membantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit, membantu menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, melembapkan kulit dan mengembalikan tekstur kulit yang rusak.

Kandungan ini biasanya terdapat dalam krim pelembap wajah, yang bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Kandungan vitamin C ini sangat terkenal untuk membantu mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

Hyaluronic Acid

Cara merawat wajah agar tidak kusam yang terakhir, yaitu menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid, yang sering terdapat di dalam produk serum atau essence.

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit dehidrasi dan kekurangan cairan. Kandungan hyaluronic acid adalah kandungan yang bisa membantu menjaga kadar air di dalam kulit tetap stabil, serta membantu menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit.

Kandungan ini juga bisa membantu menjaga elastisitas kulit, mencerahkan kulit wajah yang kusam, membantu mempercepat regenerasi kulit, menghilangkan kerutan dan mencegah tanda penuaan dini di kulit.

;
Loading