Sukses

Beauty

5 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Pada kondisi kulit yang kering, kulit akan menjadi lebih sensitif dan bereaksi terhadap suatu rangsangan. Sehingga dapat menyebabkan kulit terasa gatal, perih, terbakar dan terjadi pengelupasan pada kulit. Kondisi kulit kering ini bisa menyebabkan rasa percaya diri menurun.

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare, yang berfungsi untuk melindungi kulit kering, agar tidak terkena papar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung, bisa menyebabkan kondisi kulit kering menjadi parah. Bahkan bisa menyebabkan kulit menjadi menggelap dan gampang iritasi.

Pemilihan sunscreen juga harus benar. Sahabat Fimela harus memperhatikan kandungan dalam sunscreen, yang bisa melembapkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan bisa meredakan iritasi kulit. Berikut cara memilih sunscreen untuk kulit kering.

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering disebabkan karena lapisan kulit terluar mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kulit kering juga bisa disebabkan karena adanya faktor lingkungan, perubahan cuaca yang terlalu ekstrim, dan terlalu sering terkena AC. Bahkan faktor usia yang semakin menua bisa menyebabkan kulit kering, karena produksi kolagen menurun.

Terlalu sering beraktifitas di luar ruangan juga bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan karena akibat paparan sinar matahari dan paparan radikal bebas, seperti debu dan asap kendaraan. Sehingga kulit harus dilindungi oleh sunscreen.

Penggunaan kandungan skincare yang salah juga bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan, mudah terkelupas, ruam, over eksfoliasi dan iritasi. Waspadai penyebab-penyebab kulit kering ini. Segera atasi kulit kering dengan skincare yang tepat dan gunakan sunscreen.

Perbedaan Sunscreen Mineral dan Organik

Sunscreen memiliki dua jenis, yaitu sunscreen mineral dan sunscreen organik yang fungsinya berbeda. Karena kedua sunscreen ini terbuat dari formula yang berbeda. Formula sunscreen yang berbeda dapat digunakan untuk jenis kulit yang berbeda.

Sunscreen mineral atau physical sunscreen, digunakan untuk kulit yang cenderung berjerawat. Sunscreen ini terbuat dari bahan mineral yaitu titanium dioxide dan zinc oxide. Jenis sunscreen ini berfungsi untuk memantulkan sinar UV.

Sedangkan sunscreen organik atau chemical sunscreen, bisa digunakan untuk kulit kering, normal dan tidak berjerawat. Sunscreen ini mengandung senyawa organik seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobezone. Cara kerja dari sunscreen ini adalah dengan menyerap sinar UV.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

1. Gunakan Sunscreen dengan Label Broad Spectrum

Untuk mencegah kulit iritasi, terasa gatal, terbakar dan kulit mengelupas, Sahabat Fimela harus memilih produk sunscreen yang tepat untuk kulit kering. Sebaiknya gunakan sunscreen yang memiliki label broad spectrum. Sunscreen ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, agar skin barrier pada kulit kering tidak rusak.

2. Gunakan Minimal SPF 30

Dalam memberikan perlindungan pada kulit kering sehari-hari, Sahabat Fimela bisa menggunakan sunscreen yang memiliki minimal SPF 30. Tetapi jika memiliki aktifitas di luar ruangan yang terlalu lama, gunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi. Kandungan SPF bisa disesuai dengan aktivitas harianmu.

3. Bertekstur Ringan dan Mudah Meresap

Sunscreen yang baik digunakan untuk kulit kering, adalah sunscreen yang memiliki tekstur lotion atau krim. Sunscreen ini formulanya ringan dan mudah meresap masuk ke dalam kulit. Sehingga dapat memperbaiki kulit kering dengan cepat.

4. Memiliki Kandungan yang Melembapkan

Cara memilih sunscreen yang selanjutnya adalah sunscreen yang memiliki kandungan bahan aktif. Bahan aktif yang cocok untuk kering yaitu memiliki fungsi untuk melembapkan kulit. Kandungan yang tepat adalah centella asiatica, aloe vera, glycerin dan hyaluronic acid.

5. Hindari Kandungan yang Mengiritasi Kulit

Agar kulit tidak kering, gunakan sunscreen yang tidak memiliki kandungan alkohol, paraben dan parfum. Kandungan tersebut harus dihindari. Karena bisa menyebabkan kulit iritas, peradangan kulit dan pengelupasan pada kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading