Sukses

Beauty

5 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Pada kondisi kulit yang kering, kulit akan menjadi lebih sensitif dan bereaksi terhadap suatu rangsangan, yang menyebabkan kulit terasa gatal, perih, terbakar dan terjadi pengelupasan pada kulit.

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare, yang berfungsi untuk melindungi kulit kering, agar tidak terkena papar sinar matahari secara langusng. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung, bisa menyebabkan kondisi kulit kering menjadi parah.

Pemilihan sunscreen juga harus benar dan memiliki kandungan yang bisa melembapkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan bisa meredakan iritasi kulit. Berikut cara memilih sunscreen untuk kulit kering, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering disebabkan karena lapisan kulit terluar mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kulit kering juga bisa disebabkan karena adanya faktor lingkungan, perubahan cuaca yang terlalu ekstrim, terlalu sering terkan AC dan juga faktor usia yang semakin menua.

Terlalu sering beraktifitas di luar ruangan, bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering, akibat paparan sinar matahari dan paparan radikal bebas, seperti debu dan asap kendaraan.

Penggunaan kandungan skincare yang salah juga bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan, mudah terkelupas, ruam, over eksfoliasi dan iritasi.

Perbedaan Sunscreen Mineral dan Organik

Sunscreen memiliki dua jenis, yaitu sunscreen mineral dan sunscreen organik yang fungsinya berbeda. Karena kedua sunscreen ini terbuat dari formula yang berbeda, yang digunakan untuk jenis kulit yang berbeda.

Sunscreen mineral atau physical sunscreen, digunakan untuk kulit yang cenderung berjerawat. Sunscreen ini terbuat dari bahan mineral yaitu titanium dioxide dan zinc oxide, yang berfungsi untuk memantulkan sinar UV.

Sedangkan sunscreen organik atau chemical sunscreen, bisa digunakan untuk kulit kering, normal dan tidak berjerawat. Sunscreen ini mengandung senyawa organik seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobezone, yang bekerja dengan menyerap sinar UV.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

Untuk mencegah kulit iritasi, terasa gatal, terbakar dan kulit mengelupas, Sahabat Fimela harus memilih produk sunscreen yang tepat untuk kulit kering. Berikut cara memilih sunscreen untuk kulit kering, dilansir dari berbagai sumber:

Gunakan Sunscreen dengan Label Broad Spectrum

Sunscreen yang memiliki label broad spectrum, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, agar skin barrier pada kulit kering tidak rusak.

Gunakan Minimal SPF 30

Untuk kebutuhan sehari-hari dalam memberikan perlindungan pada kulit kering, Sahabat Fimela bisa menggunakan sunscreen yang memiliki minimal SPF 30. Tetapi jika memiliki aktifitas di luar ruangan yang terlalu lama, gunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi.

Bertekstur Ringan dan Mudah Meresap

Sunscreen yang baik digunakan untuk kulit kering, adalah sunscreen yang memiliki tekstur lotion atau krim, yang formulanya ringan dan mudah meresap masuk ke dalam kulit.

Memiliki Kandungan yang Melembapkan

Cara memilih sunscreen yang selanjutnya adalah sunscreen yang memiliki kandungan bahan aktif, yang memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, seperti kandungan centella asiatica, aloe vera, glycerin dan hyaluronic acid.

Hindari Kandungan yang Mengiritasi Kulit

Agar kulit tidak kering, gunakan sunscreen yang tidak memiliki kandungan alkohol, paraben dan parfum. Kandungan tersebut harus dihindari, karena bisa menyebabkan kulit iritas, peradangan kulit dan pengelupasan pada kulit.

;
Loading