Sukses

Beauty

9 Cara Agar Wajah Tidak Kusam Direkomendasikan Oleh Dokter Kulit

Fimela.com, Jakarta Tak hanya berjerawat, kulit kusam dan kurang bercahaya merupakan masalah kulit wajah yang sering dialami. Mungkin sahabat Fimela bertanya-tanya, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Lalu apa sebenarnya penyebab kulit kusam? Dehidrasi atau tidak cukup minum, kekurangan pelembap, penumpukan sel kulit mati, kulit kering, merokok, hingga penuaan menjadi beberapa penyebab wajah tidak glowing.

Untuk membuat wajah bebas kusam ada sembilan cara yang direkomendasikan oleh dokter kulit, apa saja? Berikut ulasannya melansir Healtline.com.

1. Membersihkan wajah

Sippora Shainhouse, MD, FAAD, mengatakan pastikan wajah benar-benar besih dari riasan wajah hingga kotoran. yang dapat menyumbat pori-pori. Dan lakukan secara lembut, hindari scrub kasar dan sabun yang mmebuat wajah kering.

Baiknya gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk mengilangkan riasan hingga sunscreen. Lalu lakukan pencucian wajah menggunakan facial wash yang lembut.

2. Hindari air panas

Saat membersihkan wajah, jangan menggunakan air panas karena akan menghilangkan minyak alami, yang menyebabkan kering dan iritasi. Baiknya gunakan air normal atau hangat saat membersihkan wajahmu. Pilih juga pembersih yang melembapkan dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, minyak almond.

 

3. Jadikan eksfoliasi sebagai bagian dari rutinitas

Eksfoliasi secara teratur adalah kunci untuk kulit yang bercahaya, menurut dokter kulit yang berbasis di New York City, Hadley King, MD.

Penumpukan sel kulit mati di lapisan luar kulit dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik, bahkan dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi.

"Eksfoliasi membantu mengekspos lapisan kulit segar yang siap mempertahankan hidrasi saat pelembab dioleskan," katanya.

King menjelaskan bahwa seiring waktu, pengelupasan kulit secara teratur dapat meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen.

Saat menambahkan pengelupasan ke dalam rutinitas perawatan kulit, King umumnya merekomendasikan untuk memulai dengan pengelupasan dua kali seminggu dan meningkatkan frekuensi yang dapat ditoleransi oleh kulit.

4. Serum

Serum wajah mengandung bahan-bahan dengan konsentrasi tinggi yang membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Karena serum cepat terserap ke dalam kulit, bisa mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah membersihkan wajah. Vitamin C,vitamin B3 (niacinamide), asam ferulic, resveratrol, bahan-bahan ini memiliki efek antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah dan membatalkan kerusakan radikal bebas perusak kolagen.

Bahan utama lain yang harus diperhatikan adalah asam hialuronat, yang mengikat air untuk sementara di lapisan permukaan kulit.

5. Rutin mengenakan masker

Merawat diri dengan masker wajah mingguan adalah alat luar biasa lainnya untuk membuat kulit bersinar.

Cari masker yang mengandung, antioksidan, asam hialuronatshea butter. Bisa menggunakan masker wajah 1 hingga 3 kali seminggu, namun hal ini tergantung produk dan jenis kulit.

6. Maksimalkan pelembap

Menurut review 2017Trusted Source, melembapkan dua kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengobati berbagai jenis dermatitis.

Cari pelembap dengan kandungan asam hialuronat dan gliserin.

7.  Merangsang pertumbuhan kolagen dengan retinoid

“Retinoid, yang merupakan turunan vitamin A, telah terbukti secara ilmiah merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit,” kata Shainhouse.

Retinoid membantu mengelupas sel kulit yang lebih tua dan membawa sel kulit baru yang segar ke permukaan. Untuk memulai, dia merekomendasikan untuk menerapkan perawatan retinoid 2 malam seminggu dan kemudian meningkatkan frekuensinya saat kulit terbiasa dengan ramuan ini.

8. Pakai tabir surya

Gunakan tabir surya setiap hari. “Ini akan membantu mencegah kerusakan akibat UV, termasuk dispigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam,” kata Shainhouse.

9. Klinik Kecantikan

Dokter kulit terlatih dalam beberapa prosedur terbaik untuk memperbaiki penampilan kulit. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit agar lebih tahu perawatan apa yang bisa digunakan.

 

#elevate women

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kekuatan Suplemen Kolagen Mampu Atasi Kerutan dan Membuat Wajah Bersinar
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Ketumbar untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Disadari