Sukses

Beauty

6 Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala untuk Pengguna Hijab

Fimela.com, Jakarta Manfaat penggunaan hijab sepanjang hari dapat membuat rambut perempuan terhindar dari paparan sinar matahari, polusi ataupun debu lainnya. Namun, meskipun begitu permasalahan rambut dan kulit kepala bagi perempuan berhijab tetap tidak terhindarkan. 

Apalagi rata-rata penggunaan hijab di Indonesia adalah 8.5 jam setiap hari dimana hal tersebut biasanya diikuti oleh masalah kulit kepala seperti sebum, gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Untuk itu, sahabat Fimela tetap harus melakukan perawatan rambut dan kulit kepala agar tetap ternutrisi dan terhindari dari masalah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kenali jenis rambut dan permasalahannya 

Setiap orang memiliki rambut yang berbeda, lurus, keriting, atau bergelombang. Ada juga permasalahan rambut yang kerap terjadi, misalnya saja rambut kering, rontok, hingga berketombe. Dengan mengetahui jenis dan permasalahan rambut, sahabat Fimela dapat menentukan seberapa sering keramas dan produk yang tepat untuk digunakan. 

Bagi mereka yang memiliki rambut lurus, mungkin bisa melakukan keramas setiap hari, tetapi pastikan untuk menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari sekali saja. Sementara pemilik rambut keriting atau bergelombang disarankan untuk mencuci rambut tiga kali seminggu dan menggunakan kondisioner setiap satu atau dua kali.

2. Gunakan produk yang tepat

Selain shampo dan kondisioner, sahabat Fimela juga bisa menggunakan  serum Biolage Scalp Refresheryang dapat memberikan sensasi dingin instan hingga -7 derajat celcius dan menghilangkan minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala. Serta, membuat rambut bersih dan segar sepanjang hari, bahkan saat memakai hijab.

Amanda Indarwulan, Brand General Manager Biolage Indonesia, mengatakan, melalui kampanye #HijabkuKendaliku  ingin empower agar dapat mengendalikan setiap keputusan yang dibuat dengan kepala dingin. 

“Karena setiap keputusan yang diambil dengan kepala dingin akan mengantarkan kepada hal-hal baik dalam hidup,” papar Amanda. 

Biolage Scalp Refresher tidak hanya ditunjukkan untuk perempuan berhijab saja, tetapi juga aman untuk digunakan oleh siapapun karena serum ini halal dan mengandung bahan-bahan natural.

Candra Suyatno, Technical Manager Biolage Indonesia, menjelaskan, jika mereka melakukan olahraga seperti jogging, mereka tidak perlu khawatir lagi dengan rambut berminyak karena Biolage Scalp Refresher dapat mengontrol kesegaran alami rambut mereka.

“Sensasi dingin dari Biolage Scalp Refresher secara optimal dapat dirasakan dengan melakukan servis Bio Refresh di salon Matrix terdekat atau bisa dengan membeli melalui Toko Resmi Matrix Indonesia di e-commerce,” ujar Candra.

3. Keringkan rambut dengan benar sebelum menggunakan hijab

Setelah mencuci rambut, pastikan mengeringkan rambut untuk mencegah kerusakan pada akar rambut, terutama bagi rambut yang akan diikat sepanjang hari. Rambut akan kusut dan bau jika tidak dibiarkan mengering dengan benar.

4. Biarkan rambutmu bernapas

Biasanya saat menggunakan hijab, rambut akan diikat sepanjang hari. Untuk itu, setelah berada di rumah, yang terbaik adalah membiarkan rambut tergerai agar rambut dan kulit kepala dapat bernapas dengan baik.

5. Pilihlah hijab yang sesuai

Waspadai bahan hijab apa yang tidak cocok untukmu. Hijab tersedia dalam berbagai bahan seperti katun, sutra, satin dan jersey. Utamakan kebutuhanmu saat memilih jilbab. Hijab tidak terlalu ketat untuk mencegah rambut rontok.

6. Potong ujung rambut secara rutin

Pastikan memotong ujung rambut secara rutin, untuk menghilangkan ujung yang bercabang. Dianjurkan untuk melakukan pemotongan setiap empat hingga enam minggu untuk memastikan rambut tumbuh dengan sehat.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebagai Hari Kemenangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
Tips Makeup Tahan Lama dan Anti Nempel di Masker untuk Lebaran