Sukses

Beauty

Cara Terbaik Menghilangkan Noda Hitam dan Penuaan pada Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu salah satu yang senang berjemur di bawah matahari, Sahabat FIMELA? Faktanya, kita harus berhati-hati ketika berolahraga atau berjemur di bawah matahari, karena sinar UV dapat menimbulkan noda hitam di kulit wajah.

Noda hitam akibat matahari seringkali disebut bintik penuaan. Bintik-bintik penuaan, yang secara medis dikenal sebagai lentigo, adalah bintik-bintik cokelat yang cenderung muncul seiring bertambahnya usia.

Bintik-bintik ini lebih mudah dikenali pada warna kulit yang lebih terang, tetapi orang dengan kulit yang lebih gelap juga bisa mendapatkannya.

"Itu adalah bintik-bintik cokelat yang tidak dapat Anda rasakan karena datar, dan biasanya terletak di area wajah, leher, dada, punggung, lengan, dan kaki yang terpapar sinar matahari. Penampilannya serupa di semua warna kulit," kata Adekemi Akingboye, MD, dokter kulit bersertifikat di Sona Dermatology di Washington DC. 

Ini mungkin terlihat seperti noda atau bintik. Nyatanya, semua warna kulit wajah tidak merata dan pigmen ini akan didapatkan orang seiring bertambahnya usia, dan umum dialami oleh semua jenis kulit," kata Heather Woolery-Lloyd, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Florida.

"Mereka tidak berpigmen hiper, tetapi ini adalah bintik usia di mana akan Anda dapatkan di kulit seiring bertambahnya usia, hampir seperti confetti."

Penyebab tunggal bintik-bintik penuaan adalah paparan sinar matahari dari waktu ke waktu.

"Penyebabnya bisa jadi karena paparan sinar matahari kronis selama bertahun-tahun."

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menutupinya dengan makeup dan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Dilansir dari women's health.com ini adalah beberapa cara mengatasi masalah noda hitam pada kulit wajah.

 

Apakah noda hitam bisa ditangani di rumah?

Ya, ada banyak sekali produk yang dijual bebas yang dapat digunakan untuk mengatasi bintik-bintik penuaan di rumah. Carilah produk dengan kandungan hydroquinone, yang merupakan senyawa pencerah kulit, yang memiliki kemampuan untuk memudarkan bintik hitam.

Beberapa kandungan lain yang disarankan untuk dicari termasuk vitamin C, retinol, dan asam, seperti glikolat dan salisilat. Ada juga licorice, kedelai, niacinamide, dan teh hijau.

Sebelum kamu memulai perawatan apapun, kamu disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit dan membaca petunjuk produk. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya.

Tabir surya adalah produk terpenting yang dapat kamu gunakan untuk mencegah bintik-bintik penuaan dan efek penuaan lainnya karena paparan sinar matahari, seperti penurunan elastisitas kulit dan peningkatan kerutan. Para ahli merekomendasikan menggunakan SPF 30 atau lebih tinggi pada semua area kulit yang terpapar sinar matahari dan mengaplikasikannya kembali setiap dua jam untuk perlindungan terbaik.

Terakhir, tambahkan perlindungan ekstra dengan memakai topi bertepi lebar ketika berada di luar ruangan, tetap berada di tempat teduh, dan memulai melakukan perawatan perlindungan dari matahari sejak dini.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia).

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Merawat Kulit dengan Krim Lokal Multipurpose yang Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Tips Dapatkan Kulit dan Tubuh Sehat dengan Pengalaman Zumba di Rumah