Sukses

Beauty

5 Urutan Menggunakan Foundation agar Tidak Mudah Luntur

Fimela.com, Jakarta Foundation adalah alas bedak yang digunakan untuk meratakan warna kulit wajah. Sehingga menutupi kekurangan di kulit wajah dan membuat makeup terlihat lebih flawless.

Foundation memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan sesuai dengan jenis kulit. Jenis foundation adalah matte foundation, dewy foundationcream foundation dan lain sebagainya. Gunakan jenis foundation sesuai dengan jenis kulit.

Saat menggunakan foundation harus menggunakan urutan yang benar. Karena kalau urutannya tidak sesuai bisa membuat foundation mudah luntur dan tidak tahan lama. Untuk itu, yuk simak urutan menggunakan foundation berikut ini:

Cara Memilih Warna Foundation

Foundation memiliki banyak warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia. Memilih warna foundation harus tepat dengan undertone kulit, agar warnanya tidak pucat saat diaplikasikan ke kulit. Cara memilih foundation yang tepat, yaitu mengetahui warna undertone kulitmu dengan mengecek warna urat nadi di pergelangan tangan, di bawah sinar matahari atau lampu yang terang.

Jika warna nadi berwarna biru, maka undertone kulitmu adalah cool. Untuk warna nadi yang kehijauan berarti undertone kulitmu warm. Sedangkan warna nadi yang keunguan memiliki undertone berwarna netral.

Agar tidak pucat, pemilihan warna foundation harus setingkat lebih terang daripada warna kulit. Karena setelah foundation diaplikasikan ke kulit, maka warna foundation akan oksidasi dan menyatu dengan warna kulit.

Cara Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Liquid Foundation

Liquid foundation adalah foundation dengan tekstur cair. Foundation ini sangat banyak dijual di pasaran, yang cocok digunakan untuk kulit kering dan kombinasi. Untuk mengaplikasikan foundation ini, bisa menggunakan sponge yang basah atau menggunakan jari tangan.

Stick Foundation

Stick foundation sangat mudah diaplikasikan dan praktis dibawa kemana saja. Tetapi stick foundation tidak cocok digunakan untuk kulit kering, karena bisa membuat tekstur kulit terlihat lebih jelas. Foundation ini cocok digunakan untuk menyamarkan noda gelap di kulit wajah yang cenderung berminyak.

Mineral Powder Foundation

Produk mineral powder foundation adalah foundation yang berbentuk bubuk seperti bedak. Produk ini sangat mudah diplikasikan dengan brush dan bisa digunakan untuk kulit sensitif cenderung berjerawat. Foundation ini juga bisa membantu mengontrol produksi minyak di jenis kulit yang berminyak.

Matte Foundation

Jenis matte foundation bisa digunakan untuk jenis kulit yang berminyak. Karena foundation ini bisa membantu menahan minyak, sehingga kulit yang berminyak terlihat lebih flawless saat menggunakan makeup.

Dewy Foundation

Jenis yang terakhir adalah dewy foundation yang memiliki hasil akhir lebih glowingFoundation ini cocok digunakan untuk jenis kulit yang kering, karena bisa membantu kulit kering terlihat lebih lembap dan sehat.

Urutan Menggunakan Foundation

1. Primer

Sebelum menggunakan foundation, kamu harus menggunakan skincare terlebih dahulu untuk membantu melembapkan kulit. Setelah mengaplikasikan skincare seperti toner, essence, serum, pelembap dan sunscreen, aplikasikan primer keseleruh wajah, yang berfungsi untuk membuat pori-pori terlihat lebih kecil dan membuat foundation menempel lebih lama di wajah.

2. Foundation

Urutan selanjutnya setelah mengaplikasikan primer, aplikasikan foundation yang sesuai dengan jenis kulit. Foundation bisa di blend menggunakan sponge basah, jari tangan atau brush khusus untuk foundation. Jangan lupa untuk mengaplikasikan foundation ke area leher, agar warna leher dan wajah tidak belang.

3. Contour

Contour adalah makeup yang berfungsi untuk mempertegas area wajah, seperti tulang hidung, tulang pipi dan dagu. Contour ini diaplikasikan setelah menggunakan foundation. Kamu juga bisa menggunakan color corrector untuk mempertegas area wajah dan menutupi noda gelap di wajah, yang tidak dapat ditutup dengan foundation.

4. Bedak

Jika foundation atau alas bedak sudah rata di kulit wajah, urutan yang selanjutnya adalah menggunakan bedak. Bedak berfungsi untuk membuat foundation menempel dengan sempurna, dan membuat makeup lebih flawless. Setelah bedak, kamu bisa mengaplikasikan makeup lainnya seperti eye makeup dan lipstik.

5. Setting Spray

Urutan yang terakhir adalah menggunakan setting spray. Produk setting spray ini memiliki fungsi untuk mengunci makeup, setelah semua makeup teraplikasikan di wajah. Setting spray juga bisa membantu menahan produksi minyak di wajah, agar foundation tidak mudah luntur atau crack.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading