Sukses

Beauty

Simak, 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Bau kaki adalah kondisi yang sangat umum. Dalam istilah medis, bau kaki disebut sebagai Bromodosis.

Kondisi bau kaki ini, disebabkan oleh penumpukan keringat dan bakteri yang terjadi ketika kaki tertutup oleh sepatu. Bakteri yang terdapat pada kaki ini akhirnya meninggalkan bau yang tidak sedap.

“Bakter, jamur, dan semua serangga kecil emnyukai panas, kelembapan, dan kelembapan. Bagian dalam sepatu adalah tempat terbaik untuk hal itu terjadi,” kata ahli penyakit kaki, Joy Rowland.

Meski demikian, bau yang tak sedap ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk menghilangkan bau kaki, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba, seperti yang dikutip dari Healthcleve and Clinic.

1.      Rendam kaki

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan kaki secara menyeluruh. Rowland menyarankan untuk merendam kaki dalam campuran cuka dan air atau garam Epsom dan air.

Untik rendaman garam, larutkan setengah cangkir garam Epsom ke dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat, dan rendam selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garap epsom bisa menarik kelembapan dari kulit, yang pada gilirannya mencegah pertumbuhan bakteri.

Sementara untuk rendaman cuka, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka ke dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat. Kemudian rendam selama 15 hingga 20 menit, lakukan rutinitas ini setiap seminggu sekali.

2.       Jaga agar kaki tetap kering

Apapun metode yang kamu pilih, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan baik setelah mandi, berendam atau berenang. Bau tak sedap berasal dari kelembapan, jadi penting untuk menjaga kaki, sepatu, dan kaus kaki sekering mungkin.

Jangan ragu untuk membawa kaus kaki tambahan dan menggantinya setiap siang hari atau setelah olahraga. Kamu juga dapat membantu menjaga kaki tetap kering dengan memilih kaus kaki yang terbuat dari bahan katun, dan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti katun atau kulit.

3. Semprotkan disinfectant pada sepatu

Disinfectant bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari sepatumu. Carilah semprotan dapur yang mengandung etanol dan bahan pembersih lainnya yang dapat membunuh bakteri.

“Keluarkan insole dari sepatu, semprotkan sedikit insole, dan biarkan mengering selama 24 jam. Cara ini efektif hilangkan bakteri penyebab bau kaki,” kata Rowland.

4. Gunakan bedak tabur

Jika kaki mu berkeringat, kamu bisa mencoba antiperspiran kaki yang dijual bebas. Atau ikuti rute pengobatan rumahan dan taburkan sedikit bedak ke dalam sepatu mu agar kaki mu tetap kering.

“Kamu bahkan dapat menggunakan antiperspirant ketiak biasa yang pasti akan membantu mengontrol kelembapan.” kata Rowland.

 

 

#Elevate Women

Loading