Sukses

Beauty

3 Karakter Produk Kecantikan Korea yang Jadi Inspirasi Industri Kecantikan Lokal

Fimela.com, Jakarta Produk kecantikan Korea sudah memiliki penggemar dalam skala global. Bahkan produk kecantikan Korea menduduki peringkat keempat pengekspor produk kecantikan dunia.

Ada banyak alasan mengapa produk kecantikan Korea atau K-Beauty begitu dicintai oleh masyarakat global. Inovasi dan transparansi yang terus dilakukan menjadi elemen kunci untuk menarik konsumen. Bahkan K-Beauty kini menjadi acuan produk kecantikan lokal dalam menghadirkan produk-produk berkualitas.

Untuk itu, pemerintah sendiri mengajak sejumlah merek kecantikan lokal untuk terinspirasi dengan K-Beauty tanpa menghilangkan identitas Indoesia di dalam produk. PT. Cosmax Indonesia pun memiliki istilah H.Y.B.R.I.D atau Hibrida, Young, Be Quick, Reasonable, Idol, dan Derma.

Selain itu, ada beberapa karakteristik dari K-Beauty yang membuatnya menjadi begitu terkenal dan bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Apa saja?

1. Hybrid

Inovasi penggabungan dua elemen makeup & skincare dalam satu produk kecantikan. Produk Hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit. Jenis produk hibrida dapat berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer dan lain sebagainya, hingga decorative makeup seperti eyelash serum mascara, tinted lip balm, lip tint serum, dan lain-lain.

Inovasi ini dipopulerkan oleh K-Beauty, dan menjadi semakin populer terutama di masa pandemi COVID-19. Dikarenakan kebutuhan serta keinginan pasar terhadap produk yang mempercantik wajah, merawat, serta menjaga kulit semakin tinggi, terlebih karena penggunakan masker sehari-hari.

 

2. Young

Karakteristik ini menggambarkan keceriaan, keunikan, dan kesan muda. Hal ini tercerminkan pada jenis dan fungsi produk yang cenderung disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pasar segmentasi usia muda; kemasan yang unik, menarik, namun tetap simpel & nyaman digunakan; dan pemilihan warna, tekstur, dan aspek formulasi lainnya yang menunjukkan kesan enerjik, ceria, dan kesan muda.

 

3. Be Quick

Mencerminkan kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk kecantikan. Pasar kosmetik Indonesia yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan mengedepankan kepraktisan juga membuat pentingnya nilai Be Quick untuk diadaptasi.

Saat ini, berbagai merk kecantikan Indonesia telah mengadaptasi kesan enerjik nan muda, serta kecepatan dan kemudahan dalam menggunakan produk. Namun, industri kosmetik Indonesia masih banyak tertinggal dalam segi kemasan, yang mana saat ini beberapa merk masih menggunakan kemasan yang terkesan kuno dan kaku.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading