Sukses

Beauty

4 Alasan Mengapa Makeup Baru Membuat Kulit Iritasi

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan seorang wanita adalah sempurna dalam memoles makeup. Hal ini merupakan suatu kewajiban wanita bahwa untuk mendapatkan bulu mata lebih panjang, kulit bercahaya, dan riasan sempurna.

Tapi kemudian, kamu pasti bertanya-tanya, tak jarang mengapa makeup baru sering menyebabkan iritasi pada kulit. Sebuah produk yang mungkin baru kamu beli untuk menambah koleksi makeup terkadang membuat kulit panas dan sering menimbulkan rasa gatal.

Nah, jawabannya adalah bahwa itu adalah reaksi alergi karena salah satu produk kosmetik tidak cocok di kulit kamu. Hampir setiap produk makeup dan kosmetik lain seperti sampo, pelembab, hanya dibuat untuk meningkatkan penampilan dari yang menghasilkan perubahan biologis. Untuk tau mengapa iritasi itu terjadi, dikutip dari Boldsky ada 4 penyebabnya.

Ilustrasi kulit iritasi dengan makeup baru. (via: istimewa)

1. Metanol Bisa berbahaya untuk kulit. Produk tertentu seperti astringent dan toner pada dasarnya mengandung metanol dan alkohol sebagai bahan utama mereka. Sebagai pemenambah ini, ada juga aditif untuk menambah aroma yang mengakibatkan kulit kamu menderita iritasi parah.

2. Pengawet dapat menyebabkan iritasi kulit. Seperti disebutkan sebelumnya, setiap produk yang mengandung terlalu banyak aroma atau pengawet bisa menjadikan kulit kamu menjadi lebih rentan terhadap iritasi. Pengawet seperti paraben, formaldehida, quaternium-15, adalah pengawet yang biasa digunakan.

3. Dua atau lebih produk yang digunakan menyebabkan iritasi. Iritasi yang disebabkan di kulit kamu bukan karena hanya satu produk, tetapi hasil dari kombinasi dua atau lebih. Misalnya foundation, concealer atau pelembab secara terpisah mungkin tidak menyebabkan masalah, tetapi mungkin bila dipakai bersamaan kemungkinan tidak cocok di kulit kamu.

4. Tingginya tingkat AHA dalam produk. Produk dengan asam alpha-hydroxy dan tingkat AHA lebih dari 10% cukup berbahaya, dengan adanya itu sangat bisa menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, gatal dan alergi lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading