Sukses

Beauty

5 Alasan Menghapus Makeup Sebelum Tidur Itu Perlu

Fimela.com, Jakarta Sebagai penunjang penampilan, makeup memang sangat diperlukan bagi setiap perempuan. Pantas saja, banyak dari mereka yang rela memakai makeup seharian agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Belum lagi ditambah dengan melakukan touch up agar makeup selalu tahan lama. Namun hal itu pun bisa membuat wajah terasa berat dan lelah setelah seharain memakai makeup. Maka dari itu membersihkan makeup sangat dianjurkan, jangan sampai terlewat.

Sebab, biasanya keseringan dari mereka bila sudah lelah seharian menjalani aktivitas dengan makeup yang on point, terkadang suka malas untuk membersihkan makeup, ditambah kondisi tubuh yang lelah juga.

Padahal menghapus makeup sebelum tidur itu sangat perlu, untuk mencegah masalah yang akan timbul nantinya. Mengapa sih menghapus makeup sebelum tidur itu perlu? Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Anda bisa tahu 5 alasannya di halaman selanjutnya.

1. Kulit Beregenerasi Di Malam Hari

Malam hari merupakan waktu terbaik kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, serta membangun kembali kolagen dan elastin. Jika Anda tidur tanpa membersihkan dan menghapus makeup, kulit Anda tidak dapat beregenerasi sehingga lebih cepat menghadapi tanda-tanda penuaan dini.

Ilustrasi kulit beregenerasi di malam hari. (Sumber foto: New Scientist)

Malam hari juga merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk menerapkan produk perawatan kulit terbaik. Anda bisa menggunakan krim malam, serum wajah, ataupun produk anti jerawat.

 

2. Membuat Pori-pori Bernapas

Pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat. Hal ini juga merupakan salah satu akibat yang bisa Anda rasakan jika tidak membersihkan dan menghapus makeup sebelum tidur.

Ilustrasi pori-pori. (Sumber foto:

Tidur dengan kondisi makeup yang menempel pada permukaan kulit akan menghalangi oksigen masuk ke dalam pori-pori. Hal ini tentu saja akan menghambat kulit untuk meregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri serta membuat kulit Anda terlihat kusam dan kering.

 

3. Wajah Kotor

Wajah Anda sudah seharian terpapar sinar matahari dan polusi lingkungan. Dan pastinya tangan Anda yang sering menyentuh kulit wajah akan menjadi peluang menempelnya bakteri dan kuman di kulit.

Ilustrasi wajah kusam. (Sumber foto: www.ealuxe.com)

Tentunya kulit wajah Anda akan menjadi sangat kotor. Dengan membersihkan wajah dan menghapus makeup sebelum tidur, berarti Anda telah membantu menyingkirkan kotoran tersebut.

 

4. Merawat mata

Merawat mata juga bisa Anda lakukan dengan membersihkan makeup atau eyeshadow di daerah mata. Daerah mata ini memiliki kulit yang sangat halus yang sangat rentan mengalami dehidrasi.

Mata juga perlu dirawat. (Sumber foto: Boldsky.com)

Dengan menghapus makeup di daerah mata, Anda berarti telah mencegah proses penuaan seperti kerutan halus di daerah mata

5. Mencegah bakteri

Jika Anda tidur dengan makeup, maka hal ini tentu akan mengotori sarung bantal yang Anda pakai saat tidur. Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa noda bekas makeup di sarung bantal dapat dibersihkan atau dicuci, namun noda makeup tersebut dapat menjadi langkah awal perkembangbiakan bakteri di sarung bantal.

Jangan tidur dengan keadaan makeup masih menempel di wajah. (Sumber foto: Boldsky.com)

Bakteri yang tumbuh dibantal akan menginfeksi kulit dan bisa menyebabkan jerawat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, hapus makeup Anda sebelum tidur dengan teratur dan gantilah sarung bantal Anda minimal dua kali dalam seminggu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading