Sukses

Beauty

Makanan yang harus dikonsumsi untuk hilangkan jerawat

Fimela.com, Jakarta Mengatasi jerawat memang bisa dilakukan dengan treatment khusus atau penggunaan skincare yang mudah didapatkan di drugstore sekarang ini. Namun, itu saja tidak cukup. Butuh perawatan dari dalam juga untuk menyembuhkan jerawat yang membandel di wajah sampai tuntas. Salah satunya yakni dengan diet.

Jangan salah, diet tak hanya bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, lho. Pada dasarnya diet adalah pengaturan pola makan, baik dari segi porsi, ukuran, maupun nutrisinya.

Diet juga bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan cara mengontrol apa saja yang patut dikonsumsi untuk mendukung proses penyembuhan serta apa yang sebaiknya dihindari untuk pencegahan dalam jangka panjang. Nah, apa saja makanan-makanan tersebut? Simak artikelnya sampai selesai ya! 

Teh hijau

Mengawali dan mengakhiri hari dengan teh hijau baik untuk kesehatan, termasuk untuk kulit berjerawat. Kandungan antioksidan yang teramat banyak akan mendorong proses detox untuk wajah berjerawat, mempercepat penyembuhan serta meredakan inflamasi dari dalam.

Sayur dan buah berwarna

Sayur dan buah yang berwarna seperti paprika, buah beri, bayam dan tomat umumnya kaya akan antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang ampuh memerangi jerawat di wajah. Antioksidan juga akan membantumu melawan radikal bebas dari dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari stres dan kulit wajah pun jadi lebih 'tenang'.

Makanan kaya omega-3 dan asam lemak

Salmon, sarden, alpukat, chia sheeds, dan kenari adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan omega-3. Karena jerawat dan inflamasi adalah musuh besar, maka jenis makanan yang mengandung omega-3 dan asam lemak adalah 'senjata' bagus untuk mencegah jerawat karena sifat antiinflamasinya.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat berjerawat

Susu dan segala produk olahannya seperti keju, es krim, coklat dan yogurt akan menimbulkan dan memperparah jerawat. Studi pertama yang membuktikan hal ini sudah dilakukan 40-an abad yang lalu, seperti yang dilansir dari situs US National Library Medicine.

Selain itu, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi juga baiknya dihindari, contoh; roti putih, keripik kentang, kue, dan karbohidrat serta olahan gula lainnya. 

Mengatasinya dari luar saja tidak cukup, jadi ingat selalu untuk menjaga asupan makanmu agar racun-racun yang memicu jerawat dalam tubuhmu juga hilang tuntas!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading