Sukses

Beauty

Mengapa Wanita Mudah Gemuk Saat Remaja?

Ada anak generasi 90-an di sini? Masih ingat kan bagaimana ibu atau nenek memaksa agar minum jamu saat menginjak usia remaja? Alasannya ada dua, yang pertama agar tubuh tidak makin melebar setelah remaja, yang kedua adalah supaya tetap singset sekalipun telah mengalami menstruasi.

Hmm... dua hal yang sebenarnya sama, namun selalu menjadi hal yang diwanti-wanti dan jadi sumber wajah cemberut para remaja, mungkin termasuk Anda.

Tetapi, kalau dipikir lagi ternyata usaha membujuk mereka itu memang ada manfaatnya. Berbagai studi mengatakan bahwa remaja wanita memang mudah gemuk. Apa sih penyebabnya?

Gaya hidup

Gaya hidup saat ini penuh banyak kemudahan karena kemajuan teknologi. Sebagian ada yang memang membantu, tetapi sebagian besar justru menimbulkan masalah. Misalnya saja fast food, yang justru membuat para wanita menimbun kalori di balik kenikmatan makanan ini.

Belum lagi saat makan masih dilengkapi dengan ice cream, gorengan serta minuman bersoda, wah makin tertimbunlah kalori di dalam tubuh.

Ogah berolahraga

Remaja wanita lebih suka ngemall dan main internet ketimbang berolahraga. Membakar kalori adalah hal yang paling langka dilakukan, kecuali menjadi bagian dari mata pelajaran di sekolah. Alhasil, ketika kalori sudah menumpuk dan tidak dibakar oleh tubuh, maka sisa-sisa akan berkumpul membentuk gumpalan-gumpalan di beberapa sudut tubuh.

Pemilihan makanan tidak sehat

Tak banyak pula yang sadar betul makanan mana saja yang sehat dan seharusnya dikonsumsi. Yang menjadi patokan utama memilih makanan adalah makanan murah dan enak. Padahal, murah dan enak tidak menjamin apakah makanan tersebut bergizi atau tidak.

Ketidakseimbangan hormon

Usia remaja adalah usia di mana hormon tubuh tidak seimbang. Dipengaruhi dengan lifestyle dan pemilihan makanan yang tidak sehat, maka hormon akan sulit untuk dikendalikan. Alhasil gemuk bukanlah sesuatu yang langka ditemui.

Ngemil saat bosan

Ogah berpikir panjang dan mendetail, remaja wanita memilih untuk ngemil saat sedang bosan. Makan camilan memang tidak dilarang, tetapi mengisi waktu dengan ngemil hanya akan membuat tubuh menumpuk lemak saja. Apalagi jika dilakukan di malam hari, wah sudah berapa banyak kalori yang masuk tanpa dibakar?

Kebiasaan makan orang Indonesia

Kalau belum makan nasi, artinya ya belum makan. Itulah yang menyebabkan banyak remaja mengalami kegemukan. Padahal, sebenarnya apa sih yang dibutuhkan tubuh itu? Tidak melulu hanya karbohidrat dari nasi kan?

Karbohidrat toh bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan lain.

Menghindari kegemukan, tentunya asupan nutrisi haruslah lebih diperhatikan. Olahraga juga menjadi sebuah sarana penting sebagai kegiatan positif serta membantu membakar lemak dan menyeimbangkan hormon. [initial]

BACA JUGA:

Macam-Macam Jus Hijau Kombinasi Yang Baik Untuk Detoksifikasi

5 Alasan Bagus Anda Tak Perlu Beli Obat Pelangsing

4 Penghalang Gaya Hidup Sehat

Rahasia Langsing Wanita Prancis

Tempat yang Bikin Langsing Selain Gym

Yang Sebaiknya Tidak Dimakan Saat Diet

Tips Mengurangi Makan Tanpa Merasa Kelaparan

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading