Sukses

Beauty

Bahaya Memakai Headset Terlalu Sering

Memakai headset atau headphone adalah hobi banyak orang di masa kini. Lihat saja orang-orang di tempat umum, jika sendirian atau sedang menunggu orang lain, mereka sering memakai headset atau headphone. Hati-hati ya, ada bahaya jika Anda memakai headset dengan cara tidak benar.

Gangguan Pendengaran

Headset yang dipakai dengan suara kencang sering menyebabkan gangguan pendengaran. Jika dipakai dalam waktu yang cukup lama, biasanya ada rasa mendengung atau suara denging di dalam telinga. Hal ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika sering dilakukan, bisa terjadi kerusakan pendengaran yang lebih parah.

Kerusakan Pendengaran Permanen

Dari poin pertama, selain rasa tidak nyaman pada telinga, penggunaan headset dengan suara keras dapat merusak pendengaran permanen. Anda bisa kehilangan fungsi pendengaran pelan-pelan dan tuli. Karena itu, kurangi volume headset Anda, jangan terlalu kencang.

Kerja Otak Terganggu

Selain gangguan pendengaran, memakai headset dengan suara kencang dapat menyebabkan gangguan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Emerging and Newly Identified Helat Risk menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak. Walau belum memberi hasil yang pasti, hal ini bisa jadi rambu-rambu agar Anda tidak sering memakai headset.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading