Sukses

Beauty

Inilah Alasan Mengapa Manusia Berumur Lebih Panjang

Dibandingkan mamalia lainnya, usia manusia jauh lebih panjang. Dibandingkan kucing, anjing, atau mamalia yang lain manusia membakar kalori 50% lebih lambat. Berikut ini hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Hunter College di New York seperti yang dilansir oleh geniusbeauty.com.

Perbandingan antara Hewan dan Manusia

Kebanyakan mamalia mencapai kedewasaan pada usia setahun setelah kelahiran, beberapa dari mereka bahkan hanya perlu beberapa bulan atau beberapa minggu saja. Misalnya, anjing yang berusia dua tahun akan hidup selama 18-25 tahun saja. Sedangkan primata tumbuh lebih lama dan melahirkan bayi yang lebih sedikit.

Pembakaran Kalori dan Umur Panjang

Ilmuwan di New York percaya bahwa manusia hidup lebih lama karena pembakaran kalori yang lambat, bahkan dua kali lebih lambat daripada proses pembakaran kalori mamalia lain. Alhasil, manusia membutuhkan lebih sedikit energi untuk tumbuh dan proses penuaan pun menjadi lebih lambat.

Metabolisme Yang Cepat Akan Menghasilkan Penuaan Yang juga Cepat

Mempercepat metabolisme seperti yang dilakukan oleh para pelaku diet dan juga gaya hidup sehat ternyata tidak terlalu berguna bagi manusia.

Penyebab Metabolisme yang Lambat pada Manusia

Hal ini ternyata sudah membuat banyak ilmuwan kebingungan karena mereka tidak mengerti mekanisme apa yang digunakan. Para peneliti yang mempelajari hal ini telah mengukur pengeluaran energi dari 17 primata di kebun binatang dan juga di alam liar. Data yang didapat dibandingkan dengan informasi tentang konsumsi energi dari mamalia yang lain. Di antara mamalia-mamalia tersebut hanya gajah yang tidak bermetabolisme terlalu cepat sehingga gajah bisa hidup rata-rata selama 70  tahun.

Nah, sekarang Anda sudah tahu alasan mengapa manusia hidup lebih lama daripada mamalia lainnya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading