Sukses

Beauty

Kolesterol Adalah Agen Penyembuh (dan 5 Fakta Mengejutkan Lainnya)

Tahukah Anda bahwa kolesterol itu adalah agen penyembuh? Alih-alih sering dijadikan kambing hitam penyebab kematian seseorang, kolesterol sebenarnya memiliki efek penyembuh. Seperti yang dilansir oleh magforwomen.com, ketika seseorang terkena infeksi atau setelah terkena serangan jantung, jumlah kolesterol akan meningkat dan membantu pembentukan kembali sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

Berikut ini ada 5 fakta mengejutkan lainnya tentang kolesterol yang belum diketahui banyak orang.

1. Tubuh Kita Sendiri Memproduksi Kolesterol
Kolesterol tidak hanya berasal dari makanan yang kita konsumsi tetapi juga dari tubuh kita sendiri. Tubuh kita memproduksi kolesterol dalam jumlah tertentu saja, selebihnya berasal dari makanan yang kita konsumsi seperti makanan berlemak.

2. Makanan yang Mengandung Kolesterol Bukan Hanya yang Berminyak
Menghindari makanan berlemak dan berminyak sudah bisa menjauhkan Anda dari kolesterol? Wah, itu tidak sepenuhnya benar. Kolesterol diproduksi di dalam organ hati hewan. Oleh karena itu, sejumlah bahan makanan tertentu yang berasal dari hewan seperti susu, telur, dan daging bisa berfungsi sebagai katalis yang menaikkan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda meskipun bahan makan tersebut tidak mengandung kolesterol.

3. Gen Bisa Menentukan Tingkat Kolesterol yang Dimiliki Seseorang
Beberapa orang masih bisa tetap memiliki kolesterol yang tinggi meskipun sudah berusaha mati-matian menghindari jenis makan-makanan yang disinyalir mengandung kolesterol. Jika kasusnya seperti itu, bisa jadi penyebabnya adalah gen.

4. Kolesterol Bisa Juga Terlalu Rendah
Tidak hanya kolesterol tinggi yang menjadi penyebab seseorang terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Orang-orang dengan tingkat kolesterol rendah juga rentan terkena penyakit seperti kanker, depresi, dan rasa gelisah. Wanita hamil dengan kolesterol rendah rentan melahirkan bayi prematur.

5. Cadangan Kolesterol Disimpan di Dalam Otak
Otak kita kaya akan kolesterol. Seperempat kandungan kolesterol di tubuh kita ada di dalam otak. Kolesterol melapisi sel-sel syaraf, serat, dan struktur yang mengikat neuron.

Jadi, usahakan agar kandungan dan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda tetap normal, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu penting juga untuk berolahraga secara teratur agar badan tetap sehat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading