Sukses

Beauty

Gemuk Tetapi Sehat, Mungkinkah?

"Nggak papa gemuk, yang penting sehat."
Pernahkah Anda mendengar kata-kata semacam itu? Kalimat tersebut telah beredar luas di berbagai tempat. Maksudnya adalah, tidak peduli berapa ukuran tubuh Anda, yang terpenting tidak ada penyakit yang diderita.

Namun, pendapat seperti ini harus segera diralat. Pasalnya, seperti dilansir womenshealthmag.com, beberapa penelitian menunjukkan, orang yang gemuk atau overweight atau bahkan obesitas tidak bisa dikatakan sehat.

Seorang profesor di Korea Selata, Yoosoo Chang, M.D, mengatakan, seharusnya seorang yang mengalami obesitas seharusnya tidak dianggap sehat oleh para dokter.

"Seseorang yang obesitas yang dianggap sehat karena tidak menderita penyakit apapun seharusnya tidak dianggap sehat oleh dokter yang merawatnya." ungkap Yooso.

Hal ini sangat beralasan, karena kegemukan dan obesitas merupakan faktor resiko dari berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang dokter yang mengatakan bahwa obesitas itu sendiri merupakan sebuah penyakit. Karena sebenarnya, lemak dalam tubuh mereka mengeluarkan faktor-faktor peradangan.

Meskipun demikian, para ahli setuju bahwa efek obesitas pada setiap orang berbeda. Sangat mungkin juga seseorang yang tidak memiliki berat badan berlebih dikatakan tidak sehat. Karena masa lemak pada setiap orang tidak dapat dilihat dari berapa besar beratnya dalam kilogram atau bahkan berapa Indeks Masa Tubuhnya.

Untuk itu, Ladies, sangat penting untuk menjaga berat badan Anda agar berada pada range ideal. Caranya, Anda hanya perlu rutin melakukan aktifitas fisik dan melakukan pola hidup dan pola makan sehat.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading