Sukses

Beauty

7 Gaya Hidup Sehat Bagi Anda Yang Sering Menghabiskan Waktu di Depan Komputer

Terlalu lama bekerja di depan komputer atau kecanduan menghabiskan waktu di depan komputer adalah kebiasaan yang kurang baik. Namun kadang tuntutan pekerjaan atau situasi mewajibkan kita untuk tidak lepas dari gadget yang kita miliki.

Apalagi, kini menggunakan social media seperti sudah menjadi makanan sehari-hari. Mungkin banyak hal ada di dalam komputer Anda, Misalnya pekerjaan, portofolio, akun jejaring sosial, foto kenangan,game kesukaan dan sebagainya. Jadi untuk bisa sepenuhnya lepas dari gadget atau komputer akan jadi hal yang sulit.

Well, namun tetap saja Anda perlu menyeimbangkan hidup dengan kegiatan yang lainnya. Dengan begitu Anda akan lebih sehat secara jiwa dan raga. Karena kebanyakan berkutat dengan gadget telah menjadi satu faktor yang menyebabkan orang mudah stres belakangan ini. So, check yang berikut ini agar Anda tak kehilangan keseimbangan hidup Anda.

(vem/gil)

Segarkan Mata Anda

Ada dua cara untuk menyegarkan mata Anda. Pertama, setiap 20 menit Anda melihat komputer, lihat ke arah lain. Kedipkan mata sampai 20 kali untuk membantu membasahi dan mengistirahatkan mata. Anda bisa melakukan ini sambil berjalan ke toilet atau mengambil minum.

Yang kedua, istirahatkan mata setelah satu jam bila Anda tak dikejar deadline. Isi waktu 5-15 menit dengan jalan kaki, ngobrol atau melakukan sesuatu yang tak ada hubungannya dengan komputer. Cara ini bisa membuat Anda tak jenuh dan sakit punggung akibat kebanyakan berkutat dengan komputer.

Temui Teman Anda

Akan lebih menyenangkan bila Anda tak hanya menyapa teman di social media. Anda bisa bertemu dengan mereka langsung sembari temu kangen. Selain itu, kontak langsung dengan orang lain membuat kita punya kualitas hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Kontak dengan menggunakan social media bisa dilakukan, namun kalau Anda keseringan, akan mengikis kedekatan emosional dengan mereka. Sementara itu juga membuat Anda kurang berkembang secara pergaulan karena terlalu dimanjakan dengan komputer.

Hari Tanpa Komputer

Jaman sekarang, sehari tanpa komputer adalah hal yang mahal. Bahkan sebenarnya, tidak cukup untuk mengistirahatkan tubuh dan mata Anda. Setidaknya, seseorang butuh 2 hari tanpa komputer dan menghabiskan waktu dengan hal bermanfaat dan menyenangkan lainnya.

Jadwalkan 1-2 hari tanpa komputer. Ganti dengan membaca koran, kegiatan di luar ruangan atau melakukan hobi yang Anda sukai. Cara ini bisa menjauhkan Anda dari stres akibat komputer, termasuk berinteraksi dengan radiasi komputer pada mata dan tubuh Anda.

Kurangi Sosial Media

Bukannya tidak boleh, namun membatasi kegiatan Anda di social media sudah bisa membantu Anda untuk membuat hidup lebih baik. Karena Anda tak akan banyak terpengaruh dengan apa yang Anda lihat pada kehidupan orang lain dan lebih fokus membangun kehidupan Anda sendiri.

Contoh mudahnya, bagi mereka yang single, kadangkala galau juga melihat timeline dipenuhi foto pernikahan dari teman-temannya. Padahal cinta akan datang pada waktunya dan Anda tak perlu membuang waktu untuk bersusah hati karena memikirkan hal itu.

Tidur Tepat Waktu

Patuhi aturan yang satu ini bila Anda menghabiskan lebih dari 8 jam di depan komputer. Kecanduan atau overtime dengan komputer bisa membuat Anda insomnia kalau tidak mematuhi waktu tidur sebagaimana mestinya. Padahal, tubuh Anda layak beristirahat tepat waktu.

Tidur tepat waktu justru bisa membuat Anda membatasi diri pada penggunaan komputer. Tubuh jadi punya waktu untuk melakukan detoks dan regenerasi. Kalau Anda sayang pada mata, tubuh dan jiwa Anda, mulai cukup tidur dari sekarang. Masih ada hari esok untuk menikmati hal yang Anda sukai kalau Anda mau menjaga dan memelihara kesehatan.

Makanan Sehat

Yang ini juga tidak boleh lupa. Banyak orang yang ngemil tidak sehat saat mereka bekerja di depan komputer. Nah, untuk menebus hal ini, konsumsilah makanan yang sehat seperti jus sayuran hijau dan makanan-makan dari sayur atau buah berwarna merah.

Setidaknya, minumlah 2 gelas sari buah dan sayur setiap hari. Makanan yang paling alami akan membuat sel tubuh lebih terpelihara dan tak mengalami penuaan dini. Beberapa buah yang mengandung anti oksidan dan enak rasanya seperti melon, strawberry, apel, semangka dan sebagainya.

Gerakkan Tubuh Anda

Banyak pekerja yang menggunakan komputer sering tersiksa dengan rutinitas di depan komputer. Hal ini karena kelamaan duduk dan posisi duduk yang kurang baik, sehingga menyebabkan beberapa masalah seperti sakit punggung, mudah pegal, syaraf terjepit hingga mudah sakit kepala.

Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan Anda untuk lebih banyak bergerak. Olahraga, memilih tangga biasa daripada lift atau eskalator, yoga dan jalan kaki. Mungkin Anda pikir hal itu bikin capek. Namun dalam olahraga, semakin banyak energi yang Anda berikan, semakin banyak kekuatan yang kembali pada Anda. Otot dan persendian juga lebih terlatih dan tak akan mudah lelah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading